Arus Lalu Lintas di Jawa Timur Lancar pada Libur Natal 2021

Kompas.com - 27/12/2021, 17:21 WIB
Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek KOMPAS.comKepadatan lalu lintas di Tol Cikampek
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur melaporkan bahwa arus lalu lintas yang masuk wilayah Jawa Timur terpantau normal selama libur Natal 2021 atau pada 23-26 Desember 2021.

Bahkan, pada ruas tertentu tidak begitu berbeda dibanding hari biasanya alias cukup normal. Meski begitu, petugas di lapangan tetap melakukan pengawasan secara ketat agar menekan penyebaran Covid-19.

”Dari Operasi Lilin Semeru mulai 23 Desember arus yang masuk ke Jawa Timur cukup landai, peningkatannya belum signifikan," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman, Minggu (26/12/2021).

Baca juga: Volume Mulai Tinggi, 1,42 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Polda Jatim laksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 di lapangan Mapolda Jawa Timur, Senin (20/9/2021).Humas Polda Jatim Polda Jatim laksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2021 di lapangan Mapolda Jawa Timur, Senin (20/9/2021).

"Yang diperkirakan dari Jakarta mungkin sudah tersortir di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jadi di Jatim tinggal menerima sisa-sisanya saja. Ini masih landai,” tambah dia.

Menurut Latif, pihaknya akan tetap menjaga sejumlah tempat di Jatim dari kerumunan masyarakat. Terutama saat malam Tahun Baru 2022. Sehingga angka Covid-19 tidak meningkat.

Tidak terkecuali, tempat-tempat publik yang diperkirakan ramai. Solusinya, dengan pengalihan arus sampai penutupan jalan.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Polisi Lakukan Pengalihan Arus di Puncak Bogor

”Masing-masing wilayah sudah menyusun dan betul-betul kita kendalikan dalam perayaan tahun baru,” jelasnya,

Selain itu, jalan tol juga tak luput dari perhatiannya. Protokol kesehatan akan diatur dengan ketat terutama di rest area.

Di sana, akan dihelat random samping dari masyarakat dan kapasitas pengunjung hanya 75 persen.

”Jalan tol akan kita kendalikan karena kita mempunyai tujuh rest area. Bagi yang ingin masuk, harus akses lewat PeduliLindungi juga,” kata Latif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.