Malam Tahun Baru, Polisi Lakukan Pengalihan Arus di Puncak Bogor

Kompas.com - 27/12/2021, 07:02 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi kerumunan dan kepadatan mobilitas di kawasan wisata pada malam tahun baru, beberpa Kepolisian daerah memeberlakukan skema rekayasa lalu lintas.

Seperti yang dilakukan oleh Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat yang akan memberlakukan pengalihan aruslalu lintas untuk kendaraan roda empat di Simpang Pos Polisi IB atau setelah pintu keluar Gerbang Tol (GT) Ciawi menuju Ciawi-Sukabumi.

Baca juga: Pertalite dan Premium Dihapus, Apakah BBM Oktan Tinggi Cocok untuk Semua Kendaraan?

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, pengalihan akan berlangsung selama 12 jam mulai tanggal 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Kebijakan ini dilakukan guna meminimalisir kepadatan lalu lintas saat malam pergantian tahun.

Kepolisian Resor Bogor mengerahkan 2.801 personel untuk mengamankan masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kepolisian Resor Bogor mengerahkan 2.801 personel untuk mengamankan masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

“Menjelang pergantian tahun nanti kita akan melakukan pengalihan arus kendaraan di mulai dari Jumat (31/12/2021) pukul 18.00 WIB hingga Sabtu (1/1/2022) pukul 06.00 WIB,” kata Harun dilansir NTMC Polri, Minggu (26/12/2021).

Kendaraan-kendaraan tersebut nantinya akan dialihkan menuju arah Ciawi-Sukabumi. Hal ini dilakukan guna meminimalisir pergerakan orang atau pembatasan kendaraan pada malam pergantian Tahun Baru.

Baca juga: Viral, Video Fortuner Pelat Hitam Pakai Strobo Ngotot Minta Jalan

“Sehingga, diharapkan kunjungan wisata dapat terkendali dan mencegah penyebaran Covid-19,” kata dia.

Harun menambahkan, pihaknya telah menyiagakan petugas gabungan dari Polri-TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Bogor untuk melakukan pengamanan ketat bagi pelaku perjalanan yang menuju kawasan puncak.

Petugas gabungan melakukan pemeriksaan di pos pengamanan Simpang Gadog, Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas gabungan melakukan pemeriksaan di pos pengamanan Simpang Gadog, Puncak Bogor, Jawa Barat.

Petugas juga akan memeriksa syarat perjalanan berupa sertivikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi dan bukti hasil tes negatif rapid antigen yang berlaku 1×24 jam.

Baca juga: PO Gunung Harta Buka Trayek Baru dengan Bus Double Decker

Tidak hanya pengalihan arus, penerapan ganjil genap juga masih akan diterapkan bagi kendaraan roda dua maupun roda empat yang akan dilakukan selama 24 jam.

“Sekarang ini masih dalam situasi pandemi, untuk itu diharapkan seluruh masyarakat dapat meningkatkan disiplin prokes dan hindari kerumunan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.