Kompas.com - 23/12/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Elektrifikasi belakangan ini semakin digalakkan. Beragam mobil ramah lingkungan dikembangkan dan diperkenalkan.

Toyota pun memiliki tujuan untuk mengurangi emisi. Dalam program Toyota Enviromental Challenge 2050, disebutkan salah satunya adalah zero carbon (CO2) emisi di setiap kendaraan baru.

Baca juga: Toyota Siapkan Semua Opsi Teknologi Menuju Elektrifikasi

Dikutip dari Toyota.co.id, Kamis (23/12/2021), targetnya adalah mengurangi emisi CO2 hingga 90 persen di semua kendaraan Toyota pada 2050. Untuk mencapai target ini, Toyota akan mendistribusikan 5,5 juga kendaraan elektrifikasi pada 2030.

Toyota Camry HybridKompas.com/Donny Toyota Camry Hybrid

Banyak yang beranggapan bahwa Toyota tidak akan mengeluarkan kendaraan tanpa mesin berbahan bakar atau internal combustion engine (ICE) pada 2050.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, mengatakan, sebenarnya emisinya yang harus disinkronisasi. Sebab, teknologi setiap waktu bisa berkembang.

Baca juga: Toyota Sebut Penjualan Naik berkat Diskon Pajak dan Pameran Otomotif

"Sekarang ICE juga bisa menggunakan bahan bakar hidrogen yang dapat mengurangi emisi. Jadi, jangan sampai misleading, yang paling penting adalah emisinya yang harus dihilangkan,' ujar Bob, saat konferensi pers virtual, belum lama ini.

Toyota Prius PHEVkompas.com Toyota Prius PHEV

Sedangkan teknologi, menurut Bob, Toyota juga mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan teknologi yang lebih bersih.

"Menurut saya, 2050 suatu keniscayaan bahwa kita harus berupaya merealisasikan zero carbon. Jadi, jika sudah dicanangkan, yang penting bagaimana tiap tahunnya kita tahu harus melakukan apa dan siapa yang melakukannya. Menurut saya, yang menjadi target itu emisinya," kata Bob.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.