Jangan Pernah Salip Truk atau Bus dari Sisi Dalam Saat Manuver

Kompas.com - 23/12/2021, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMengemudi di jalanan tentu akan bertemu dengan segala bentuk kendaraan, mulai dari yang kecil seperti motor atau besar dan panjang seperti truk dan bus.

Berbeda dengan kendaraan yang kecil, manuver truk dan bus butuh ruang yang lebih luas. Selain itu, kendaraan yang panjang kerap mengambil ruang yang lebar sebelum melakukan manuver.

Namun, manuver yang lebih lebar dibanding kendaraan kecil biasa dimanfaatkan mobil atau motor untuk ‘nyelip’. Padahal menyalip dari sisi dalam truk atau bus bisa merugikan pengendara tadi, seperti lecet atau kerusakan lebih parah.

Baca juga: Tips Mudah Melihat Ciri-ciri Ban Mobil yang Sudah Kedaluwarsa

Screen shot video soal blind spot pada trukfacebook.com Screen shot video soal blind spot pada truk

“Ketika kendaraan besar berbelok ke kiri, maka dibutuhkan ruang yang lebar di sisi kirinya, begitu juga sebaliknya. Ketika berada di dekatnya, berpotensi adanya benturan akibat dari memaksakan diri,” ucap Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Memang, ketika truk atau bus manuver kecepatannya rendah, tapi bukan berarti aman. Selain itu, sisi kanan dan kiri truk juga masuk dalam blind spot, jadi sulit terlihat oleh pengemudi.

Baca juga: Intip Mobil Hybrid Toyota yang Akan Diproduksi di Indonesia Tahun Depan

“Selain itu tidak disarankan juga untuk menyalip dari sisi kiri. Lihat dahulu lampu sein truk tersebut nyalanya ke mana,” kata Sony.

Paling aman yaitu harus tunggu giliran untuk bergantian. Sony mengatakan, kebiasaan buru-buru ini memang sering dilakukan oleh orang Indonesia. Apalagi bagi pemotor, jika terserempet truk ada risiko terlindas ban belakang truk, berbahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.