Bisakah Bersihkan Dasbor Mobil Pakai Baking Soda, Tisu Bayi, dan Pasta Gigi?

Kompas.com - 15/12/2021, 20:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan interior mobil menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan guna menjaga kenyamanan saat perjalanaan dan terhindar dari beragam masalah khususnya penyakit.

Salah satu bagian dari interior yang perlu dilakukan pembersihan secara rutin adalah dasbor. Lantas, bagaimana cara membersihkannya supaya mendapat hasil maksimal?

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menyatakan, salah satu yang bisa dilakukan ternyata menggunakan tisu bayi atau pasta gigi sebagai pengganti cairan pembersih.

Baca juga: Mobil Rusak Kena Dampak Gempa, Apakah Ditanggung Asuransi?

membersihkan interiorKompas.com/Fathan membersihkan interior

"Terdapat beberapa produk rumah tangga yang bisa dimaksimalkan untuk membersihkan dasbor, seperti tisu bayi. Pemilik tinggal mengusapkannya ke bagian yang kotor secara rutin," kata dia, Rabu (15/12/2021).

"Dengan kelembaban yang ada di dalam tisu bayi, maka hasilnya itu lebih efektif dibandingkan menggunakan kain kering," lanjut Imansyah.

Cara lainnya, menggunakan pasta gigi dengan cara gosokkan secara halus dan lembut ke bagian yang kotor melalui perantara kain.

Namun patut diperhatikan, bahan pemutih pada pasta gigi bisa merusak dasbor sehingga baiknya opsi tersebut menjadi pilihan terakhir apabila tidak ada cairan pembersih khusus atau noda membandel.

"Bisa juga pakai baking soda dengan cara menuangkan seperempat cangkir ke botol berukuran besar. Lalu tambahkan seperempat cangkir cairan cuci piring yang ada di rumah," kata Imansyah.

"Selanjutnya Anda tinggal mengocok botol agar kedua bahan tersebut tercampur dengan rata. Jika sudah tercampur sempurna, langsung pakai saja untuk membersihkan dashboard mobil," tambah dia.

Baca juga: Ganti Ban Mobil, Pakai Profil Rendah atau Profil Tinggi?

Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.Dok. TAM Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.

Sebaiknya gunakan campuran air hangat agar “sabun” buatan terkait bisa memberikan efek lebih besar. Lap dengan bersih jika sudah selesai diaplikasikan.

Hanya saja dari cara alternatif di atas, paling baik membersihkan dasbor dengan alat penyedot debu, sikat berbulu halus, dan interior cleaner untuk bagian-bagian tertentu yang sudah menempel.

Sebab, pembersih ini terhitung paling ampuh dan mudah tinggal aplikasikan ke bagian dasbor dan didiamkan selama 15 menit. Lanjutkan proses pembersihan dengan mengelap menggunakan kain microfiber atau kanebo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.