Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Motor Enggak Tergelincir, Ini Cara Aman Lewat Lintasan Kereta Api

Kompas.com - 15/12/2021, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi yang terjadi di beberapa wilayah belakangan ini membuat pengemudi harus ekstra hati-hati, terutama bagi pengendara sepeda motor.

Tak terkecuali saat melintasi perlintasan kereta api, sebab rel yang menonjol dan licin bisa membuat pemotor terpeleset.

Seperti video Tiktok yang diunggah oleh akun @JNCstory. Dalam rekaman tersebut terlihat beberapa pengendara motor yang kesulitan melintasi rel kereta api, bahkan ada yang sampai tergelincir.

Baca juga: Ingat, Bonceng Dua Penumpang Lebih pada Motor Bisa Kena Denda

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, baik musim hujan maupun kemarau, perlintasan kereta api merupakan area yang cukup berbahaya untuk pengendara motor. Menurut Jusri, ada cara aman jika hendak melintasi rel kereta api.

@jncstory sensasi cimahi, tapi enakeun #enakeun #cimahi #cimahihits #cimahicity #cimindi #cimindiflyover #cimindicimahi #vyp? #vyp ? suara asli - JNC story

“Pertama posisikan motor untuk memotong jalur rel, artinya melintas dengan bentuk X, jangan diiris, karena rel itu licin takutnya ban tidak gigit,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Jusri menerangkan, posisi motor harus memotong sebab jika miring sejajar dengan rel maka selain licin ban bisa saja terjebak di parit atau jalur kecil antara rel dan jalan (aspal).

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Pengendara Motor Saat Hujan Perlu Persiapan

Kemudian, saat melewati rel kereta api, Jusri mengimbau pengendara untuk segera menurunkan kecepatan sesuai kondisi.

“Setelah itu posisikan motor untuk memotong rel jangan diiris karena licin, apalagi kalau kondisi ban sudah aus atau kurang tekanan udara,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com