Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menjaga Jok Motor dari Cakaran Kucing

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memelihara atau memiliki banyak kucing di sekitar rumah, bisa menjadi masalah sendiri bagi para pemilik kendaraan roda dua.

Pasalnya, tak jarang motor yang parkir justru jadi tempat cakaran kucing. Alhasil, jika sudah seperti itu bisa membuat jok baret bahkan sobek.

Dokter Hewan Adi Nugraha mengatakan, ada beberapa alasan di balik kebiasaan kucing mencakar barang-barang di sekitarnya, termasuk jok motor.

“Pertama untuk mengasah atau seperti mengikir kukunya. Kemudian bisa juga sebagai pertanda daerah kekuasaan yang kadang disertai kencing untuk yang jantan,” ucap Adi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Adi melanjutkan, mencakar juga merupakan bentuk latihan seluruh tubuh saat kucing meregangkan otot dari kaki hingga ke punggung.

“Bisa jadi sebagai perenggangan badannya, karena kucing suka tidur dalam waktu lama,” katanya.

Meski demikian, Adi mengatakan, ada cara mudah yang bisa dilakukan pemilik kendaraan agar jok motor tidak menjadi sasaran cakaran kucing.

“Pemilik kendaraan bisa mengoleskan lotion ke jok motor, sebab kucing tidak menyukai baunya dan terasa licin, atau bisa dengan memasang cover jok,” kata Adi.

Sementara itu, Andry Herdiyana, pemilik bengkel modifikasi jok motor kustom, Relaxseat Modification, mengatakan, agar jok motor lebih awet ketika jadi tempat cakaran kucing sebaiknya pemilik kendaraan memasang cover jok dengan bahan yang waterproof.

“Selain dapat melindungi dari percikan air hujan, juga bisa menutupi supaya terlindungi jok motornya,” kata Andry.

Andry juga menyarankan, tak ada salahnya pemilik motor merawat jok berbahan kulit dengan memberikan lotion agar tidak muda pecah. Ini berlaku baik untuk kulit sintestis atau kulit asli.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/12/080100115/cara-menjaga-jok-motor-dari-cakaran-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke