Kompas.com - 09/12/2021, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Tentrem kini resmi memliki produk terbaru untuk bus besar, yakni Avante D1. Produk terbaru ini merupakan model bus bertipe low drive, jadi posisi kabin pengemudi ada di bawah kabin penumpang.

Sebelum Avante D1 buatan Karoseri Tentrem, sudah ada bus bertipe low drive yang dijual di Indonesia, yakni Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD) buatan Karoseri Adiputro. Lalu apa saja bedanya antara kedua produk ini?

Secara desain, tentu berbeda total, Avante D1 dengan desainnya yang agresif seperti bagian depan dengan kaca jenong dan lampunya yang menyipit. Sedangkan Jetbus UHD, tampilannya lebih mengotak dan sederhana.

Baca juga: Pengalaman Pengemudi Bawa Bus dengan Spion Kamera, Butuh Adaptasi

Bus AKAP baru PO Gunung HartaDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Gunung Harta

Kemudian, membahas akses masuk penumpang, Avante D1 hanya ada satu pintu, yakni di bagian tengah. Sedangkan Jetbus UHD, ada dua akses bagi penumpang untuk ke kabin, lewat pintu depan dan tengah.

Pintu depan di Avante D1 hanya bisa digunakan oleh pengemudi dan kru. Namun di tempat istirahat pengemudi atau kandang macan, terdapat pintu pintas ke tangga menuju kabin penumpang.

Selain itu, jika dilihat, pintu tengah Avante D1 posisinya lebih dekat ke as roda depan. Ketika masuk, tangga mengarah ke depan dan ada juga smoking area dan toilet saat pintu tengah dibuka.

Baca juga: Marc Marquez adalah yang Terbaik di MotoGP

Kabin bus AKAP baru PO Harapan JayaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus AKAP baru PO Harapan Jaya

Sedangkan untuk Jetbus UHD, jika masuk lewat pintu depan, melewati kabin pengemudi dahulu dan ada tangga menuju kabin penumpang di sisi kiri. Sedangkan jika lewat tengah, tangga langsung mengarah ke atas dengan toilet yang ada di sisi kiri tangga.

Selain akses masuk yang berbeda, Avante D1 yang sudah ada di jalan raya menggunakan kamera sebagai spionnya, begitu juga ada kamera 360 derajat. Sedangkan Jetbus UHD yang sudah ada di jalanan, masih menggunakan spion biasa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.