Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keunikan Avante D1 dengan Bodi Bus UHD Lain

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Tentrem kini resmi memliki produk terbaru untuk bus besar, yakni Avante D1. Produk terbaru ini merupakan model bus bertipe low drive, jadi posisi kabin pengemudi ada di bawah kabin penumpang.

Sebelum Avante D1 buatan Karoseri Tentrem, sudah ada bus bertipe low drive yang dijual di Indonesia, yakni Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD) buatan Karoseri Adiputro. Lalu apa saja bedanya antara kedua produk ini?

Secara desain, tentu berbeda total, Avante D1 dengan desainnya yang agresif seperti bagian depan dengan kaca jenong dan lampunya yang menyipit. Sedangkan Jetbus UHD, tampilannya lebih mengotak dan sederhana.

Kemudian, membahas akses masuk penumpang, Avante D1 hanya ada satu pintu, yakni di bagian tengah. Sedangkan Jetbus UHD, ada dua akses bagi penumpang untuk ke kabin, lewat pintu depan dan tengah.

Pintu depan di Avante D1 hanya bisa digunakan oleh pengemudi dan kru. Namun di tempat istirahat pengemudi atau kandang macan, terdapat pintu pintas ke tangga menuju kabin penumpang.

Selain itu, jika dilihat, pintu tengah Avante D1 posisinya lebih dekat ke as roda depan. Ketika masuk, tangga mengarah ke depan dan ada juga smoking area dan toilet saat pintu tengah dibuka.

Sedangkan untuk Jetbus UHD, jika masuk lewat pintu depan, melewati kabin pengemudi dahulu dan ada tangga menuju kabin penumpang di sisi kiri. Sedangkan jika lewat tengah, tangga langsung mengarah ke atas dengan toilet yang ada di sisi kiri tangga.

Selain akses masuk yang berbeda, Avante D1 yang sudah ada di jalan raya menggunakan kamera sebagai spionnya, begitu juga ada kamera 360 derajat. Sedangkan Jetbus UHD yang sudah ada di jalanan, masih menggunakan spion biasa.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/09/090200915/keunikan-avante-d1-dengan-bodi-bus-uhd-lain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke