Lihat Interior Bus Baru Avante D1 PO Harapan Jaya, Punya Pintu Pintas

Kompas.com - 08/12/2021, 09:42 WIB
Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIBus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1

BOGOR, KOMPAS.comBus baru buatan Karoseri Tentrem yakni Avante D1 resmi mengaspal dengan balutan livery PO Harapan Jaya. Bus baru dengan tinggi sekitar 4 meter tersebut kini melayani trayek Bogor-Surabaya.

Kompas.com kemudian mendatangi pool PO Harapan Jaya yang ada di Tajur, Bogor, Jawa Barat, untuk melihat langsung seperti apa Avante D1. Secara eksterior, tampilannya kurang lebih sama dengan Avante D2, hanya saja dek penumpang cuma di bagian atas.

Kabin bus AKAP baru PO Harapan JayaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus AKAP baru PO Harapan Jaya

 

Masuk ke kabin penumpang harus melewati pintu yang ada di tengah. Ketika pintu dibuka, penumpang langsung disambut dengan smoking area dengan bangku pijat dan toilet.

Baca juga: Biaya Perpanjangan SIM A dan SIM C per Desember 2021

Kabin bus AKAP baru PO Harapan JayaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus AKAP baru PO Harapan Jaya

Begitu naik tangga, terdapat juga pintu pintas yang menghubungkan tangga dengan kandang macan atau tempat istirahat kru. Begitu sudah sampai di atas, terdapat dua konfigurasi bangku di kabin bus dengan panjang 13,5 meter ini.

Untuk bangku paling depan atau hot seat, terdapat tiga bangku yang menggunakan susunan 1-1-1 atau social distancing. Bangku yang digunakan merupakan buatan Hai Rimba Kencana, sudah memiliki leg rest terpisah dan Audio Video On Demand (AVOD).

Baca juga: Catat, Ini Biaya Resmi Bikin SIM C per Desember 2021

Kabin bus AKAP baru PO Harapan JayaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus AKAP baru PO Harapan Jaya

Kemudian ke belakang, terdapat 21 bangku super eksekutif yang lebar dengan susunan dua di kanan dan satu di kiri (2-1). Bangku yang digunakan sudah dilengkapi dengan leg rest lipat yang sangat panjang, menopang kaki secara menyeluruh.

Kabin bus AKAP baru PO Harapan JayaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus AKAP baru PO Harapan Jaya

Namun untuk bangku 2-1, tidak disediakan AVOD sebagai sistem hiburan, tetapi ada dua TV yang terpasang di bagian depan dan tengah kabin. Selain itu, layaknya Avante D2, terdapat jendela emergency di atap model kaca, sehingga kabin terasa luas.

Selain itu, di kabin penumpang juga disediakan dispenser serta meja yang ada di tengah kabin. Untuk tarifnya, satu tiket dari Bogor menuju Surabaya dapat ditebus seharga Rp 385.000, baik untuk hot seat maupun yang di belakangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.