Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Libur Nataru Polisi Siapkan Pengecekan di Perbatasan Kabupaten

Kompas.com - 08/12/2021, 07:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Korlantas Polri telah bersiap melakukan pengamanan arus lalu lintas. Rencananya, pada tiap perbatasan kabupaten bakal dibangun pos pengecekan saat libur Nataru.

Plt Kabagops Korlantas Polri Kombes Dodi Darjanto, mengatakan, bahwa jajaran di wilayah akan menyiapkan pos-pos pengamanan dan pelayanan (Pos Pam dan Pos Yan) pada tiap perbatasan pintu masuk di perbatasan ibukota provinsi maupun kabupaten.

“Nantinya pos-pos tersebut akan menjadi pusat sampling kepada masyarakat yang melakukan perjalanan, apabila ada masyarakat yang belum vaksin maka di pos disiapkan secara gratis,” ujar Dodi, disitat dari Korlantas Polri (7/12/2021).

Baca juga: PPKM Level 3 Batal, Ini Syarat Perjalanan Saat Libur Nataru

Titik penyekatan jalan tol Jasa Marga GroupJasa Marga Titik penyekatan jalan tol Jasa Marga Group

“Dan bila ada yang positif juga sudah disiapkan karantina terbatas dan ambulans serta akan dirujuk ke rumah sakit rujukan,” kata dia.

Menurutnya, sebelum pelaksanaan operasi lilin atau nataru nanti, kepolisian akan menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan mulai 17 sampai 23 Desember 2021 di seluruh Polda.

Ini dilakukan sebagai imbauan kepada masyarakat agar memanfaatkan waktu libur Natal dan Tahun Baru di rumah saja.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Bikin SIM A per Desember 2021

Satlantas Polres Demak Jawa Tengah memeriksa setiap kendaraan yang masuk ke Kota Demak saat melakukan penyekatan di pertigaan Bogorame Jalan Sultan Fatah Demak, Selasa (6/7/2021) sore.KOMPAS.COM/ARI WIDODO Satlantas Polres Demak Jawa Tengah memeriksa setiap kendaraan yang masuk ke Kota Demak saat melakukan penyekatan di pertigaan Bogorame Jalan Sultan Fatah Demak, Selasa (6/7/2021) sore.

“Jauh-jauh hari juga sudah disampaikan untuk mengurangi mobilitas pada libur Nataru, cukup dirumah dan manfaatkan teknologi yang ada, seperti Google Meet, Zoom dan lainnya yang memudahkan komunikasi,” ucap Dodi.

Ia juga menambahkan untuk saat ini cara bertindak kepolisian pada saat libur Natal dan Tahun Baru masih menunggu arahan dari pemerintah.

Jika sampai terjadi peningkatan bukan tidak mungkin ada perketatan. Seperti di lokasi wisata nantinya akan diperketat penggunaan aplikasi pedulilindungi.

“Sementara dari satgas covid dan Kemendagri belum ada surat cara bertindak SOP penanganan Covid. Pesan Kakorlantas, kita menunggu dan menyesuaikan surat edaran dari satgas covid,” kata Dodi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.