Motor Wajib Nyalakan Lampu Siang Hari, Ini Dasar Hukumnya

Kompas.com - 06/12/2021, 12:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor diwajibkan untuk menyalakan lampu utama meski siang hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan yang bisa terjadi.

Aturan itu tertuang dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), pasal 107 ayat (2) yang menyebut pengemudi motor wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, meski demikian secara faktual di jalan masih cukup banyak pengendara motor yang tidak menyalakan lampu siang hari.

Baca juga: Harga LMPV per Desember 2021, Avanza Mulai Rp 206 Jutaan, Xpander Rp 228 Jutaan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jajal motor listrik Evo buatan PolytronDok. Jatengprov.go.id Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jajal motor listrik Evo buatan Polytron

Padahal katanya, motor wajib menyalakan lampu utama walaupun siang hari agar kendaraan lain dapat mudah untuk mendeteksi keberadaan dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Data yang pernah saya dapat bahwa dalam kasus kecelakaan lalu lintas 60 persen-63 persen melibatkan kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor)," kata Budiyanto, Senin (6/12/2021).

Dewasa ini ungkap Budiyanto ada yang mencoba menggugat hal tersebut. Frasa siang hari pernah diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk dilakukan uji materi.

Hal itu diajukan oleh pelanggar yang ditilang oleh polisi karena kedapatan tidak menyalakan lampu utama. Pemohon tersebut mengatakan bahwa frasa siang hari harus dimaknai sepanjang hari.

"Gugatan tersebut ditolak oleh MK dalam putusan tanggal 25 Juni 2020, dengan argumen hukumnya bahwa siang hari dilekatkan pada saat hari terang, tidak diperlukan pembagian pagi-siang-petang untuk memaknai pasal tersebut," katanya.

Baca juga: Insentif dan Infrastruktur Bisa Dorong Populasi Mobil Listrik

Aksi buruh memadati ruas jalan Tunjungan menuju Jalan Gubernur Suryo Surabaya Selasa (30/11/2021).KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZAL Aksi buruh memadati ruas jalan Tunjungan menuju Jalan Gubernur Suryo Surabaya Selasa (30/11/2021).

"Baik pagi maupun siang ketika hari dalam keadaan terang, pengendara harus menyalakan lampu kendaraannya, hal ini demi menghindari terjadinya kecelakaan," kata Budiyanto.

Untuk itu, putusan MK adalah final, mengikat dan wajib dilaksanakan. Secara hukum pasal 107 (2) dan ketentuan pidananya pasal 293, secara kontitusional sah dan dapat digunakan sebagai dasar untuk penegakan hukum.

"Bahwa pencantuman materi yang dikontruksikan dalam pasal 107 ayat (2) sudah melalui pengkajian yang cukup panjang," kata Budiyanto.

"Penajaman memberikan pemahaman kepada masyarakat perlu diintensifkan kembali dan perlu diimbangi dengan penegakan hukum secara tegas dan konsisten," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.