Dampak Ganjil Genap di Margonda, Lalu Lintas Jadi Macet

Kompas.com - 04/12/2021, 15:08 WIB
Kondisi lalu lintas saat penerapan ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Depok, Sabtu (4/12/2021). Kompas.com - Donny Dwisatryo PriyantoroKondisi lalu lintas saat penerapan ganjil genap di Jalan Margonda Raya, Depok, Sabtu (4/12/2021).

DEPOK, KOMPAS.com - Sistem ganjil genap mulai diberlakukan di Jalan Margonda Raya, Depok mulai siang ini, Sabtu (4/12/2021).

Berbeda dengan wilayah DKI Jakarta yang menerapkan ganjil genap pada hari kerja yakni Senin-Jumat, Polres Metro Depok berlakukan aturan lalu lintas ini pada akhir pekan Sabtu-Minggu.

Lebih detail, ganjil genap yang berlangsung mulai pukul 12.00 hingga 18.00 WIB ini diterapkan di sepanjang Jalan Margonda Raya mulai dari kolong fly over UI sampai di Simpang Ramanda.

Baca juga: Suzuki Jimny Long Punya Dimensi dan Mesin Beda

Sistem ganjil genap ini sendiri hanya berlaku untuk kendaraan roda empat. Dengan kata lain, sepeda motor masih kebal dari aturan lalu lintas tersebut untuk sementara waktu dan bebas melintas.

Meski penerapan ganjil genap di Jalan Margonda Raya memiliki tujuan utama untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi tiap akhir pekan, ternyata kemacetan masih terjadi.

Dari pantuan Redaksi Kompas.com, Sabtu, sekitar pukul 13.55 WIB kemacetan terjadi di lokasi penerapan ganjil genap.

Baca juga: Tanggapan Adiputro Soal Selendang Dream Coach Buatan Body Repair

Tidak hanya di Jalan Margonda Raya, kemacetan juga terjadi di jalur sekitar menuju titik tersebut, seperti di Jalan Dewi Sartika, Jalan Siliwangi dan Jalan Arif Rahman Hakim.

Selain itu, Jalan Raya Lenteng Agung dan Jalan Komjen Pol M Jasin sebagai akses menuju fly over UI turut mengalami kemacetan yang sama.

Sebagai informasi tambahan, belum ada penindakan berupa tilang bagi yang melanggar ganjil genap di Depok. Sebab pengaturan ini masih dalam tahap uji coba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.