Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 13:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membicarakan sasis premium bus di Indonesia, memang saat ini banyak diisi oleh produk-produk Eropa. Sebut saja Mercedes Benz O500 RS 1836 dan 2542, Scania K360 iB dan K410 iB Serta Volvo B7R dan B11R.

Sebenarnya, selain merek Eropa, merek Asia seperti Hino dan Golden Dragon pernah meramaikan pasar bus premium di Indonesia. Namun populasinya di jalanan memang tidak sebanyak sasis premium buatan Eropa.

Salah satu produk Hino yang bermain di pasar premium adalah Hino RM 380. Sasis ini diperkenalkan pada 2017 di GIIAS. Namun sampai sekarang, baru terlihat dua unit yang beroperasi di jalanan dan keduanya milik PO Harapan Jaya.

Baca juga: Suzuki Jimny Long Punya Dimensi dan Mesin Beda

Bus AKAP PO Harapan JayaKOMPAS.com Bus AKAP PO Harapan Jaya

Selain itu, jika dilihat pada data penjualan Gaikindo, Hino RM 380 hanya muncul di 2017 dan hanya dua unit. Dua unit tersebut diimpor langsung dari Jepang, berbeda dengan model lainnya yang sudah diproduksi di Indonesia.

Lalu bagaimana nasib dari Hino RM 380 di Indonesia?

Santiko Wardoyo, COO Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, pihaknya masih fokus pada sasis yang paling banyak terjual atau volume maker di pasarnya.

Baca juga: Tanggapan Adiputro Soal Selendang Dream Coach Buatan Body Repair

“Untuk sasis RM 380, kita lihat tahun depan,” ucapnya di Tangerang belum lama ini.

Sasis premium dengan tenaga di atas 300 TK peminatnya tidak banyak. Bisa dilihat, hanya operator bus tertentu yang menggunakan sasis premium sebagai armadanya. Kebanyakan sasis yang digunakan adalah dengan GVW 16 ton dengan tenaga 200-an TK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com