Kompas.com - 04/12/2021, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Membicarakan sasis premium bus di Indonesia, memang saat ini banyak diisi oleh produk-produk Eropa. Sebut saja Mercedes Benz O500 RS 1836 dan 2542, Scania K360 iB dan K410 iB Serta Volvo B7R dan B11R.

Sebenarnya, selain merek Eropa, merek Asia seperti Hino dan Golden Dragon pernah meramaikan pasar bus premium di Indonesia. Namun populasinya di jalanan memang tidak sebanyak sasis premium buatan Eropa.

Salah satu produk Hino yang bermain di pasar premium adalah Hino RM 380. Sasis ini diperkenalkan pada 2017 di GIIAS. Namun sampai sekarang, baru terlihat dua unit yang beroperasi di jalanan dan keduanya milik PO Harapan Jaya.

Baca juga: Suzuki Jimny Long Punya Dimensi dan Mesin Beda

Bus AKAP PO Harapan JayaKOMPAS.com Bus AKAP PO Harapan Jaya

Selain itu, jika dilihat pada data penjualan Gaikindo, Hino RM 380 hanya muncul di 2017 dan hanya dua unit. Dua unit tersebut diimpor langsung dari Jepang, berbeda dengan model lainnya yang sudah diproduksi di Indonesia.

Lalu bagaimana nasib dari Hino RM 380 di Indonesia?

Santiko Wardoyo, COO Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, pihaknya masih fokus pada sasis yang paling banyak terjual atau volume maker di pasarnya.

Baca juga: Tanggapan Adiputro Soal Selendang Dream Coach Buatan Body Repair

“Untuk sasis RM 380, kita lihat tahun depan,” ucapnya di Tangerang belum lama ini.

Sasis premium dengan tenaga di atas 300 TK peminatnya tidak banyak. Bisa dilihat, hanya operator bus tertentu yang menggunakan sasis premium sebagai armadanya. Kebanyakan sasis yang digunakan adalah dengan GVW 16 ton dengan tenaga 200-an TK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.