Kilas Balik Perjalanan Federal Oil di Moto2, Bawa Pebalap Indonesia

Kompas.com - 01/12/2021, 16:21 WIB
Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2), Fabio Di Giannantonio, saat balapan pada Moto2 Amerika 2021 Dok. FOGM2Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2), Fabio Di Giannantonio, saat balapan pada Moto2 Amerika 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Federal Oil sudah menjadi sponsor tim balap di kelas Moto2 sejak satu dekade yang lalu. Bahkan, sempat ada beberapa pebalap Indonesia yang dibawa untuk ikut berkompetisi.

Kerjasama antara Federal Oil dan Gresini Racing dimulai pada 2012 lalu. Saat itu, pebalapnya adalah Gino Rea. Komposisi ini menghasilkan satu podium.

Baca juga: Federal Oil Lanjutkan Kolaborasi dengan Gresini Racing di MotoGP

Di tahun 2013, tidak ada podium yang diraih Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2). Tapi, Federal Oil berhasil membawa pebalap Indonesia, yakni Doni Tata Pradita.

Pebalap Indonesia, Doni Tata Pradita.Koleksi Pribadi Pebalap Indonesia, Doni Tata Pradita.

Pada 2014, FOGM2 menghasilkan satu podium. Kali ini, melalui pebalap asal Belgia, yakni Xavier Simeon. Lalu, di tahun berikutnya, Simeon meraih dua podium dengan satu kemenangan dan satu pole position.

Simeon digantikan oleh Sam Lowes pada 2016. Di musim ini, FOGM2 meraih enam podium dengan dua kemenangan di antaranya. Selain itu, Lowes juga berhasil raih lima pole position.

Tahun 2017 dan 2018, Lowes naik ke MotoGP dan digantikan oleh Jorge Navarro. Sayangnya, di musim ini FOGM2 tidak berhasil raih podium satu pun.

Baca juga: Apresiasi Federal Oil untuk Fabio Di Giannantonio, Tutup Musim Moto2 dengan Podium

Pada tahun 2017, FOGM2 juga memberikan jatah wildcard kepada pebalap Indonesia lain, yakni Dimas Ekky Pratama, pada gelaran seri Sepang, Malaysia.

Pebalap Astra Honda Motor Dimas Ekky Pratama berpose usai sesi latihan bebas di Sirkuit Sepang, Malaysia, Jumat (27/10/2017). Dimas menggantikan pebalap Federal Oil Gresini Jorge Navarro (Spanyol) yang absen karena kecelakaan di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017) lalu.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Pebalap Astra Honda Motor Dimas Ekky Pratama berpose usai sesi latihan bebas di Sirkuit Sepang, Malaysia, Jumat (27/10/2017). Dimas menggantikan pebalap Federal Oil Gresini Jorge Navarro (Spanyol) yang absen karena kecelakaan di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017) lalu.

Pada 2019, Lowes kembali ke FOGM2. Tapi, gagal mengulang kesuksesannya seperti sebelumnya. Lowes tidak berhasil raih podium dan pole position.

Pada 2020, FOGM2 memiliki dua pebalap, yakni Nicolo Bulega dan Edgar Pons. Sayangnya, kedua pebalap ini juga belum berhasil memberikan kemenangan atau podium.

Musim ini, Bulega mendapat rekan setim yang baru, yakni Fabio di Giannantonio. Pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut berhasil meraih dua podium dengan satu kemenangan di antaranya.

Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2), Fabio Di Giannantonio, saat balapan pada Moto2 Emilia Romagna 2021Dok. FOGM2 Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2), Fabio Di Giannantonio, saat balapan pada Moto2 Emilia Romagna 2021

Patrick Adhiatmadja, Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, mengatakan, jika dilihat evolusi dari livery motornya, awalnya lebih dominan warna putih. Pada akhirnya, FOGM2 benar-benar menemukan identitas.

"Kita ini perusahaan Indonesia, kita bangga dengan Indonesia. Sehingga, kita minta izin pada Gresini Racing agar temanya merah-putih," ujar Patrick, saat konferensi pers virtual dengan media dan Gresini Racing, Selasa (30/11/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.