Kompas.com - 01/12/2021, 09:42 WIB
Ilustrasi fitur keselamatan pada Toyota T-Mate PAULTAN.orgIlustrasi fitur keselamatan pada Toyota T-Mate

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Safety Sense (TSS) barangkali jadi fitur canggih yang masih baru buat konsumen Indonesia. Piranti ini menyediakan berbagai fungsi keselamatan untuk membantu para pengemudi.

Fitur TSS baru mulai terdengar lebih lazim di Indonesia, setelah Toyota meluncurkan Raize dan All New Veloz, belum lama ini. 

Disitat dari Paultan (1/12/2021), meskipun masih tergolong baru, Toyota terus menyempurnakan kemampuan dari TSS dengan meluncurkan T-Mate.

Rencananya, fitur T-Mate pertama kali akan diperkenalkan di Eropa sebelum diluncurkan ke pasar lain.

Fitur terbaru ini jadi payung baru yang mengelompokkan semua keselamatan dan sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS/Advanced Driver Assistace Systems).

Baca juga: Belajar dari Kasus Ertiga, Kenali Ciri-ciri Mobil Akan Terbakar

Toyota Safety Sense Corolla Altis Hybrid Toyota Safety Sense Corolla Altis Hybrid

Menurut pembuat mobil Jepang, T-Mate menggabungkan TSS yang saat ini memiliki fungsi bantuan mengemudi dan parkir aktif lainnya.

T-Mate pada akhirnya membuat aktivitas mengemudi jadi lebih mudah dan lebih aman. Tak ketinggalan berfungsi untuk melindungi penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainnya.

Dengan diperkenalkannya generasi baru TSS, kini terdapat Pre-Collision System (PCS) yang menggabungkan peredam respons gas pada kecepatan rendah dan bantuan saat melewati persimpangan.

Baca juga: Honda All New BR-V, Performa, Tanjakan dan Penggerak Roda Depan

Ilustrasi fitur keselamatan Toyota T-MatePAULTAN.org Ilustrasi fitur keselamatan Toyota T-Mate

Sementara itu, terdapat fitur Emergency Driving Stop System (EDSS) yang telah ditambah pada TSS terkini.

Adapun fitur TSS lain yang ada termasuk Road Sign Assist (RSA), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Trace Assist (LTA) dan Automatic High Beam (AHB) masih tersedia.

Menariknya, untuk sistem bantuan parkir, tersedia Toyota Teammate Advanced Park, Panoramic View Monitor (PVM), Rear Cross Traffic Alert with Automatic Braking (RCTAB) dan Intelligent Clearance Sonar (ICS).

Baca juga: Simulasi Kredit Honda BR-V Terbaru, Cicilan Mulai Rp 4 Jutaan

Ilustrasi fitur keselamatan Toyota T-MatePAULTAN.org Ilustrasi fitur keselamatan Toyota T-Mate

Terakhir, bantuan mengemudi datang dalam bentuk Blind Spot Monitoring (BSM) dan Adaptive High-beam System (AHS).

Semua sistem ini adalah bagian dari paket T-Mate menyeluruh, yang berbeda tergantung pada masing-masing model dan varian atau tingkatan trim masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.