Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kilas Balik Perjalanan Federal Oil di Moto2, Bawa Pebalap Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Federal Oil sudah menjadi sponsor tim balap di kelas Moto2 sejak satu dekade yang lalu. Bahkan, sempat ada beberapa pebalap Indonesia yang dibawa untuk ikut berkompetisi.

Kerjasama antara Federal Oil dan Gresini Racing dimulai pada 2012 lalu. Saat itu, pebalapnya adalah Gino Rea. Komposisi ini menghasilkan satu podium.

Di tahun 2013, tidak ada podium yang diraih Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2). Tapi, Federal Oil berhasil membawa pebalap Indonesia, yakni Doni Tata Pradita.

Pada 2014, FOGM2 menghasilkan satu podium. Kali ini, melalui pebalap asal Belgia, yakni Xavier Simeon. Lalu, di tahun berikutnya, Simeon meraih dua podium dengan satu kemenangan dan satu pole position.

Simeon digantikan oleh Sam Lowes pada 2016. Di musim ini, FOGM2 meraih enam podium dengan dua kemenangan di antaranya. Selain itu, Lowes juga berhasil raih lima pole position.

Tahun 2017 dan 2018, Lowes naik ke MotoGP dan digantikan oleh Jorge Navarro. Sayangnya, di musim ini FOGM2 tidak berhasil raih podium satu pun.

Pada tahun 2017, FOGM2 juga memberikan jatah wildcard kepada pebalap Indonesia lain, yakni Dimas Ekky Pratama, pada gelaran seri Sepang, Malaysia.

Pada 2019, Lowes kembali ke FOGM2. Tapi, gagal mengulang kesuksesannya seperti sebelumnya. Lowes tidak berhasil raih podium dan pole position.

Pada 2020, FOGM2 memiliki dua pebalap, yakni Nicolo Bulega dan Edgar Pons. Sayangnya, kedua pebalap ini juga belum berhasil memberikan kemenangan atau podium.

Musim ini, Bulega mendapat rekan setim yang baru, yakni Fabio di Giannantonio. Pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut berhasil meraih dua podium dengan satu kemenangan di antaranya.

Patrick Adhiatmadja, Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, mengatakan, jika dilihat evolusi dari livery motornya, awalnya lebih dominan warna putih. Pada akhirnya, FOGM2 benar-benar menemukan identitas.

"Kita ini perusahaan Indonesia, kita bangga dengan Indonesia. Sehingga, kita minta izin pada Gresini Racing agar temanya merah-putih," ujar Patrick, saat konferensi pers virtual dengan media dan Gresini Racing, Selasa (30/11/2021).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/01/162100715/kilas-balik-perjalanan-federal-oil-di-moto2-bawa-pebalap-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke