Royal Enfield Luncurkan Edisi 120th Anniversary untuk 650 Twin

Kompas.com - 30/11/2021, 13:01 WIB
Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition Dok. Moto.itContinental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield merupakan salah satu pabrikan sepeda motor tertua di dunia. Belum lama ini, perusahaan yang berbasis di India tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke-120.

Royal Enfield pertama kali meluncurkan motor pada November 1901 di Stanley Cycle Show di London, Inggris. Untuk mengenang sejarah tersebut, Royal Enfield meluncurkan motor edisi spesial yang diperkenalkan pada pameran otomotif EICMA 2021 di Milan, Italia.

Dikutip dari Moto.it, Selasa (30/11/2021), motor tersebut adalah 650 Twin alias Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition. Motor ini akan diproduksi secara terbatas, yakni 480 unit di dunia.

Baca juga: Pabrik Royal Enfield di Thailand Beroperasi, Indonesia Siap Impor

Sebanyak 120 unit masing-masing akan dipasarkan di India, Eropa, Amerika, dan Asia Tenggara. Lalu, akan dibagi rata, 60 unit Continental GT dan 60 unit Interceptor 650.

Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary EditionDok. Moto.it Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition

Ada beberapa detail yang berubah, seperti tangki bahan bakarnya. Tangki dicat warna hitam dengan striping berwarna emas yang dicat menggunakan tangan.

Lalu, di sisi kiri dan kanan tangki terdapat emblem juga berwarna emas. Kuningan tersebut ditempa secara manual oleh keluarga pemahat Sirpi Senthil dari Kumbakonam, Tamil Nadu, India.

Keluarga tersebut adalah seniman yang selama berabad-abad dan banyak generasinya sudah bekerja membuat kuningan untuk kuil di India dan sekarang diajak berkolaborasi dengan Royal Enfield.

Baca juga: Royal Enfield Bobber Concept SG650 Melantai di EICMA 2021

Di bagian atas tangki, terdapat nomor seri yang menjadi salah satu bukti otentik bahwa motor ini dibuat secara terbatas dan eksklusif.

Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary EditionDok. Moto.it Continental GT dan Interceptor 650 120th Anniversary Edition

Selain itu, joknya juga dibuat eksklusif dan di atas lampu depan diberikan visor atau windshield kecil. Untuk Continental GT, diberikan spion model bar-end. Kedua motor ini juga dilengkapi dengan mud guard.

Pada cover atau panel samping, terdapat sticker khusus yang menandakan bahwa motor ini merupakan perayaan ulang tahun Royal Enfield yang ke-120.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.