Persediaan Cip Semikonduktor untuk Otomotif Mulai Naik

Kompas.com - 30/11/2021, 08:42 WIB
Ilustrasi cip semikonduktor yang menjadi salah satu komponen otomotif, PAULTAN.orgIlustrasi cip semikonduktor yang menjadi salah satu komponen otomotif,

JAKARTA, KOMPAS.com – Persediaan cip semikonduktor untuk pertama kalinya mengalami peningkatan suplai dalam sembilan bulan terakhir. Hal ini menjadi sinyal bahwa krisis cip pada industri otomotif bakal segera berakhir.

Menurut laporan Nikkei (30/11/2021), pasokan cip dari sejumlah produsen semikonduktor global pada akhir September lalu mengalami kenaikan.

Misalnya dari Renesas Electronics Jepang, pemasok Belanda NXP Semiconductors, Infineon Technologies Jerman, STMicroelectronics yang berbasis di Swiss dan Texas Instruments yang berbasis di AS.

Baca juga: Skema Kredit Xenia Model Baru, Cicilan Mulai Rp 3 Jutaan

Toshiba adalah perusahaan yang memproduksi perangkat daya untuk menjawab kebutuhan dunia.Toshiba Electronic Devices and Storage Toshiba adalah perusahaan yang memproduksi perangkat daya untuk menjawab kebutuhan dunia.

Meski begitu, dengan permintaan yang masih tinggi, prospek untuk beberapa bulan ke depan masih belum jelas.

Tetapi berkat peningkatan output pembuat cip, kendala pasokan yang memaksa perusahaan mobil menghentikan jalur perakitan selama musim panas berkurang.

Pembuat cip melihat lonjakan penjualan dimulai pada kuartal Oktober-Desember 2020, sementara pertumbuhan inventaris tertinggal.

Baca juga: Mobil Listrik Suzuki Meluncur 2025, Harga Mulai Rp 127 Jutaan

Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMINdok.TMMIN Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMIN

Sebab suplai yang ada diperlukan untuk memenuhi permintaan dari pembuat mobil. Sementara itu, tingkat persediaan memburuk selama beberapa kuartal berikutnya.

Adapun kondisi membaik pada kuartal Juli-September 2021. Total persediaan di lima pembuat cip naik 0,7 persen pada tahun ini, menandai kenaikan pertama dalam tiga kuartal.

Salah satu masalah yang menahan persediaan adalah penghentian produksi. Cuaca ekstrem melumpuhkan produksi cip di Texas pada awal 2021, dan pembatasan terkait pandemi merugikan pemasok Asia Tenggara.

Baca juga: Berapa Denda yang Harus Dibayar Penunggak Pajak Kendaraan?

Ilustrasi cip semikonduktorTHEGUARDIAN.com/Vlad Deep/Alamy Ilustrasi cip semikonduktor

Renesas, pemasok utama cip semikonduktor untuk produsen otomotif seperti Toyota Motor, mengalami kebakaran pabrik yang mengganggu produksi di Tokyo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.