Ulik Bodi Bus Skylander HDD Mesin Depan Milik PO Harvest

Kompas.com - 30/11/2021, 07:42 WIB
Bus AKAP baru PO Brilian DOK. NEW ARMADABus AKAP baru PO Brilian

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri New Armada merupakan salah satu karoseri pembuat bodi bus terbesar di Indonesia. Salah satu produk unggulan dari karoseri yang bermarkas di Magelang, Jawa Tengah ini adalah Skylander.

Ternyata, selain punya model untuk bus besar bermesin belakang, Skylander juga bisa dipasang ke bus dengan mesin depan. Misalnya seperti unit milik PO Harvest yang memakai sasis Hino AK 215 yang belum lama ini rilis dari Karoseri New Armada.

Lilik Prasetyawan, Business Advisor dan Sales Karoseri New Armada mengatakan, untuk bodi, Skylander bermesin depan ini memakai tinggi HDD, alias Skylander HDD. Secara eksterior, tidak banyak ubahannya.

Baca juga: Skema Kredit Xenia Model Baru, Cicilan Mulai Rp 3 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by New Armada (@newarmada.official)

 

“Kalau perubahan secara bodi, hanya menyesuaikan untuk ruang mesin, lainnya sama,” ucap Prasetya kepada Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Mengingat posisi mesin Hino AK 215 yang ada di depan, dek di samping bangku pengemudi posisinya agak tinggi. Kemudian di bagian belakang yang kosong dimanfaatkan sebagai bagasi selain yang ada di samping bodi bus.

Jika dilihat, perbedaan paling terlihat ada pada gril depan yang kini dibuat bolong. Tentu saja adanya gril ini membantu mesin mendapatkan udara untuk suplai mesin yang posisinya ada di depan.

Baca juga: Berapa Denda yang Harus Dibayar Penunggak Pajak Kendaraan?

Kabin bus AKAP baru PO BrilianDOK. NEW ARMADA Kabin bus AKAP baru PO Brilian

Selain itu, tampilan luar persis dengan Skylander HDD mesin belakang, jadi tidak ada perbedaannya. Masuk ke kabin, jok yang digunakan adalah buatan Karoseri New Armada dengan nama Evoseat yang disusun 2-2.

“Di bagian belakang jok ada cup holder dan dua colokan USB untuk mengisi daya telepon genggam,” ucapnya.

Untuk bodi Skylander, bisa ditemui dalam bentuk HDD, baik mesin depan atau belakang, Skylander SHD, dan Skylander Double Decker. Skylander memang punya desain eksterior yang unik, mulai dari lampu depan hingga selendang layaknya jangkar terbalik seperti logo Karoseri New Armada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.