Pabrik Mobil Xiaomi Siap Operasi 2024, Kapasitas 300.000 Unit Setahun

Kompas.com - 30/11/2021, 07:22 WIB
ilustrasi official store Xiaomi, Mi Store Businesstodayilustrasi official store Xiaomi, Mi Store

JAKARTA, KOMPAS.com – Raksasa elektronik asal China, Xiaomi, bersiap masuk ke industri otomotif. Sebagai Langkah awal, Xiaomi akan membangun pabrik yang dapat memproduksi hingga 300.000 kendaraan setiap tahun di Beijing.

Disitat dari Reuters (29/11/2021), pihak berwenang telah mengungkapkan bahwa pabrik tersebut akan dibangun dalam dua tahap.

Xiaomi juga akan mendirikan kantor pusat untuk divisi otomotif, serta kantor penjualan dan penelitian, di Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Beijing.

Baca juga: Skema Kredit Xenia Model Baru, Cicilan Mulai Rp 3 Jutaan

Kebanyakan pengisian listrik untuk mobil listrik akan dilakukan warga di rumah.ABC INDONESIA Kebanyakan pengisian listrik untuk mobil listrik akan dilakukan warga di rumah.

Tidak disebutkan dengan pasti kapan konstruksi pabrik akan dimulai. Meski begitu, CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan, pabrik tersebut mulai produksi massal pada 2024.

Sebelumnya, pada September lalu, merek asal China ini mengumumkan pembentukan Xiaomi EV Company Limited. Divisi EV ini tercatat telah memiliki 300 karyawan.

Xiaomi belum mengungkap peta jalan, yang merinci rencana-rencana yang akan dilakukan dalam dunia elektrifikasi.

Baca juga: Toyota Kijang LGX Lawas Ikut Mejeng di IIMS Motobike Show 2021

Xiaomi EV Company Limited resmi diluncurkan.CARSCOOPS.com Xiaomi EV Company Limited resmi diluncurkan.

Walau demikian, kabar pembangunan pabrik telah menunjukkan suatu hal, bahwa Xiaomi tidak bermitra dengan merek otomotif yang sudah eksis.

Xiaomi mengatakan bersedia menghabiskan 10 miliar dolar AS atau setara Rp 143 triliun untuk usaha EV-nya dalam 10 tahun mendatang.

Saat ini Xiaomi telah berekspansi mendirikan ribuan outlet untuk memacu bisnis smartphone di pasar domestik. Tapi pada akhirnya, merek ini malah berniat menggunakan toko-toko tersebut sebagai saluran untuk memasarkan kendaraan listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.