Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tes Singkat

Honda All New BR-V, Performa, Tanjakan dan Penggerak Roda Depan

Kompas.com - 30/11/2021, 08:02 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Karawang, KOMPAS.com - Honda Prospect Motor (HPM) membekali All New BR-V dengan sedikit ubahan pada mesin. Efeknya tenaga yang dihasilkan meningkat meski hanya 1 tk, dari 120 tk menjadi 121 tk.

Kendati mesin 1.5L DOHC, i-VTEC tersebut hanya naik 1 tk namun secara feeling terasa ubahannya. Hal tersebut didapati saat awak redaksi melakukan tes singkat di area uji fasilitas milik HPM di Karawang, Bekasi, Jawa Barat, (29/11/2021).

Baca juga: Tanpa Diskon PPnBM, Honda BR-V Terjual 2.100 Unit

Adanya perbedaan akselerasi tidak semata-mata berasal dari mesin. Penggantian transmisi model CVT terbaru juga memberikan kontribusi yang signifikan.

Transmisi otomatis model CVT milik Honda All New BR-Vkompas.com Transmisi otomatis model CVT milik Honda All New BR-V

Jika dibanding dengan BR-V generasi sebelumnya, tarikannya terasa lebih mantap dan minim raungan mesin.

Kontribusi dari penggunaan CVT pada BR-V terbaru saat akselerasi adalah perpindahan gigi yang halus dan juga rasio yang tergolong rapat.

Baca juga: Kasus Mercy Lawan Arah di Jalan Tol, Ini Ancaman Hukumannya

Ketika pedal gas ditekan hingga mentok (kick down), perpindahan gigi terjadi saat jarum panel meter menunjuk angka 6.500 rpm. Rasio gigi yang rapat membuat penurunan hanya 1.000 rpm saat terjadi perpindahan ke gigi lebih tinggi.

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Biasanya, hal ini juga bisa memberikan indikasi penggunaan bahan bakar yang lebih hemat, meski harus dibuktikan lewat tes efisiensi BBM.

Namun HPM yakin mesin baru pada BR-V kali ini mampu memberikan efisiensi lebih baik 3 persen dibanding pendahulunya.

Tanjakan dan penggerak roda depan

Saat ini sedang ramai dibicarakan perihal penggerak roda depan (FWD : Front Wheel Drive). Sebagian kalangan menganggap FWD tidak lebih bertenaga dibanding Rear Wheel Drive (RWD), apalagi saat menanjak.

Tes menanjak Honda All New BR-Vkompas.com Tes menanjak Honda All New BR-V

Nah, kebetulan di fasilitas HPM terdapat tanjakan cukup tinggi dengan sudut kemiringan 15 derajat, lumayan buat mencoba kemampuan All New BR-V.

Saat menghadapi tanjakan tersebut muncul keragu-raguan akan torsi 145 Nm yang dimiliki BR-V. Yah, tidak ada salahnya dicoba.

Ternyata, BR-V mampu menanjak dengan baik. Bahkan awak redaksi sempat berhenti sejenak saat di tengah-tengah tanjakan untuk mencoba fitur Hill Start Assist (HSA), lalu kembali menanjak hingga puncak.

Hasilnya, BR-V mampu melewati tanjakan dengan baik, bahkan saat mencoba HSA mobil tidak mundur ketika kaki berpindah dari pedal rem ke gas.

Jadi, masih meragukan FWD?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com