Satlantas Polres Karanganyar Amankan Puluhan Kendaraan yang Pakai Knalpot Brong

Kompas.com - 29/11/2021, 12:12 WIB
Razia knalpot brong di Tawangmangu Karanganyar, Jawa Tengah NTMC PolriRazia knalpot brong di Tawangmangu Karanganyar, Jawa Tengah

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Satlantas Polres Karanganyar, Jawa Tengah kembali gelar razia knalpot brong dan menindak pengguna kendaraan bermotor yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan pabrikan.

Operasi yang digelar Minggu (28/11/2021) tersebut juga menindak pengguna kendaraan bermotor yang tidak membawa kelengkapan berkendara lainnya.

Baca juga: Kasus Mercy Lawan Arah di Jalan Tol, Ini Ancaman Hukumannya

Razia digelar di beberapa titik strategis yang biasa dilewati pengguna kendaraan pengguna knalpot brong yang akan menuju kawasan wisata Tawangmangu.

Terdapat tiga titik yang menjadi lokasi operasi, yakni Simpang Sumokado Tawangmangu, depan kantor Kelurahan Tawangmangu dan Cemoro Kandang.

Petugas menindak pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot brong di wilayah Karanganyardok polres karanganyar Petugas menindak pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot brong di wilayah Karanganyar

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko menyampaikan, operasi ini dilaksanakan karena pihaknya banyak menerima aduan dari masyarakat maraknya motor berknalpot brong.

Selain itu, banyak juga beredar di media sosial video mengenai pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong mengganggu ketenangan wisatawan di Tawangmangu.

Baca juga: Video Viral Mercy Lawan Arah di Tol, Tabrak Mobilio sampai Ringsek

“Masyarakat mengeluhkan banyak pengendara sepeda motor menggunakan knalpot brong yang menimbulkan kebisingan,” kata Sarwoko dalam keterangan resmi, Minggu (28/11/2021).

Operasi penindakan dan pelanggaran (dakgar) dilakukan tim gabungan Satlantas Polres Karanganyar Dan Polsek Tawangmangu.

“Melibatkan 20 orang personal dan ditempatkan di tiga titik,” kata dia.

Video sejumlah warga di perbatasan Jawa Tengah ? Jawa Timur melakukan sweeping terhadap pengendara motor yang menggunakan knalpot brong viral di media sosialKOMPAS.COM/ Video sejumlah warga di perbatasan Jawa Tengah ? Jawa Timur melakukan sweeping terhadap pengendara motor yang menggunakan knalpot brong viral di media sosial

Hasil dari penindakan pelanggaran knalpot brong ada 31 pelanggaran dan mendapatkan tilang. Termasuk puluhan kendaraan berknalpot tidak sesuai standart terpaksa diamankan.

“Yang tidak punya surat-surat dan motornya menggunakan knalpot brong itu kami tilang,” ucapnya.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Perjalanan Keluar Kota Saat Libur Nataru

Kasatlantas juga berpesan kepada masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi tata tertib dalam berlalu-lintas. Dengan begitu bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

“Tak lupa juga agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.