Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO EPA Star Rilis Lagi Empat Unit Bus dari Karoseri Tentrem

Kompas.com - 29/11/2021, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PO EPA Star kembali menambah armada barunya dari karoseri Tentrem. Sama dengan rilisan sebelumnya, bodi yang dipilih EPA Star adalah Avante H7 yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626.

Kali ini, ada empat unit yang rilis dari Karoseri Tentrem. Keempatnya mendapatkan julukan atau nama dari daerah wisata di Sumatera Barat, seperti Bukit Langkisau, Koto Pariangan, Ngarai Sianok, dan Danau Talang.

Jika dilihat secara eksterior, bus EPA Star ini sama dengan rilisan yang sebelumnya, yakni berkelir putih dengan variasi warna hijau di sekujur bodi. Selain itu, bodi bus buatan Karoseri Tentrem ini juga sudah menggunakan Body Traction Stabilizer (BTS) buatan Karoseri Tentrem.

Baca juga: Kasus Mercy Lawan Arah di Jalan Tol, Ini Ancaman Hukumannya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

Sebagai informasi, Karoseri Tentrem membuat stabilizer khusus untuk rangka bus dengan suspensi udara tipe narrow, terutama OH 1626. Tentrem juga mengklaim, dengan memasang BTS, bodi jadi stabil dan tidak limbung saat menghadapi berbagai kondisi jalan.

Beralih ke bagian kabin, keempat bus menggunakan susunan bangku 2-2 yang sudah dilengkapi dengan leg rest. Bangku yang dibalut dengan bahan kulit sintetis tersebut merupakan buatan Hai Rimba Kencana.

Selain itu, dipasang juga sekat di bagian depan yang bisa difungsikan sebagai smoking room. Selain itu juga penumpang tidak terganggu dengan asap rokok serta suara dari kabin pengemudi.

Baca juga: Video Viral Mercy Lawan Arah di Tol, Tabrak Mobilio sampai Ringsek

Bus AKAP baru PO EPA Starinstagram/karoseritentrem Bus AKAP baru PO EPA Star

Di bagian belakang juga tersedia toilet yang bisa digunakan penumpang untuk buang air kecil ketika bus berjalan. Keempat bus ini dipersiapkan untuk melayani jalur Payakumbuh-Bandung Pergi-Pulang (PP).

Sales Staff Karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, dengan rilisnya empat unit terbaru milik EPA Star, total sudah ada 13 bus baru yang siap melayani penumpang dengan berbagai rute.

“Total sudah ada 13 unit milik EPA Star, empat diantaranya pakai sasis OH 1526,” kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (28/11/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com