Disebut Gelarnya Kurang karena Marquez Tak Fit, Ini Kata Quartararo

Kompas.com - 27/11/2021, 14:42 WIB
|

JEREZ, KOMPAS.com - Juara Dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo tampil kosisten sepanjang musim. Meski demikian tetap ada nada miring mengenai hasil yang diraihnya.

Salah satu anggapan miring yaitu Quartararo belum teruji secara penuh karena kondisi Marc Marquez belum fit. Marc tidak balapan sejak awal musim, kemudian masih terkendala kondisi fisik.

Baca juga: Larangan Putar Balik di Tol, Begini Aturannya

Melihat raihan Marc pada 2019, pebalap Repsol Honda itu memang momok buat pebalap lain. Hal itu berubah pada musim 2020 di mana dia mengalami kecelakaan dan mesti istirahat panjang.

Pebalap Yamaha Fabio Quartararo mengenakan helm juara dunia saat berselebrasi usai memenangi gelar juara dunia MotoGP pada Grand Prix MotoGP Emilia-Romagna di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia, pada 24 Oktober 2021.ANDREAS SOLARO Pebalap Yamaha Fabio Quartararo mengenakan helm juara dunia saat berselebrasi usai memenangi gelar juara dunia MotoGP pada Grand Prix MotoGP Emilia-Romagna di Sirkuit Dunia Misano Marco-Simoncelli di Misano Adriatico, Italia, pada 24 Oktober 2021.

Menanggapi hal tersebut, Quartararo mengatakan nilai gelar juara yang diraihnya tidak berkurang karena kondisi Marc.

"Saya rasa tidak, gelar adalah gelar. Marc adalah titik referensi beberapa tahun terakhir, dia tidak 100 persen, tetapi nilai untuk dinobatkan sebagai juara dunia tetap sama,” kata Quartararo dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Sabtu (27/11/2021).

El Diablo mengatakan musim 2021 berbeda dengan 2020. Pada 2020 Marc absen setahun penuh, kejuaraan juga sangat berbeda, jumlah seri lebih pendek dan hanya mengandalkan beberapa sirkuit saja.

Baca juga: Gelis Hadirkan Mini Jeep Electric pada IEMS 2021

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (Spanyol) melaju lurus pada MotoGP America di Circuit Of The Americas COTA. Latihan bebas pada 1 Oktober 2021 di Austin, Texas. Hasil MotoGP Amerika, Marc Marquez terdepan.MIRCO LAZZARI GP Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (Spanyol) melaju lurus pada MotoGP America di Circuit Of The Americas COTA. Latihan bebas pada 1 Oktober 2021 di Austin, Texas. Hasil MotoGP Amerika, Marc Marquez terdepan.

Adapun pada musim 2021, Marc sudah kembali balapan. Dimulainya "new normal", kembalinya penonton ke tribun dan lebih banyak sirkuit membuat balapan di level berbeda.

"Itu bukan tahun yang sempurna, saya mengalami banyak kesulitan," ungkap Quartararo.

"Di Jerez saya mengalami masalah lengan, di Barcelona baju balap saya terbuka, kami tidak menang dengan mudah dan banyak pebalap melaju kencang, jadi saya masih hargai plus kemenangan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.