Kompas.com - 27/11/2021, 12:22 WIB
Sepang Clash 2015. AFP PHOTO / MOHD RASFAN (Photo by MOHD RASFAN / AFP) MOHD RASFANSepang Clash 2015. AFP PHOTO / MOHD RASFAN (Photo by MOHD RASFAN / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang berpendapat bahwa perseteruan antara Valentino Rossi dengan Marc Marquez dimulai karena Sepang Clash atau insiden di Sepang. Ternyata, perselisihan antara keduanya sudah dimulai sebelumnya.

Sebelum Sepang Clash, Rossi dan Marquez diketahui memiliki hubungan yang cukup baik sebagai rival. Keduanya masih saling melempar canda dan tawa saat berbagi podium.

Baca juga: Yamaha Rilis R1 GYTR Edisi Spesial, Penghormatan untuk Valentino Rossi

Tapi, semua langsung berubah drastis setelah insiden di Sepang. Saat itu, Rossi yang sedang bersaing ketat meraih juara dunia dengan Jorge Lorenzo merasa dihalang-halangi oleh Marquez.

 

GP Sepang 2015motorsport.com GP Sepang 2015

Menurut Rossi, Marquez sengaja menahan laju motornya ketika berada di depan Rossi. Sehingga, Lorenzo yang saat itu berada di depan akan diuntungkan dengan meraih poin lebih besar.

Rossi yang muak dengan sikap Marquez akhirnya memepet Marquez hingga keluar racing line. Keduanya bersenggolan dan Marquez pun terjatuh.

Baca juga: Teknisi Tangan Kanan Valentino Rossi Jadi Kepala Kru VR46 Racing Team

Insiden ini juga menuai pro dan kontra. Banyak yang mengatakan Marquez terjatuh karena perbuatannya sendiri. Sebagian mengatakan Rossi yang menendang Marquez hingga terjatuh.

Pebalap Italia, Valentino Rossi (tengah) merayakan kemenangannya bersama Marc Marquez (kiri) dan Cal Crutchlow di podium GP Belanda, Sabtu (29/6/2013).motogp.com Pebalap Italia, Valentino Rossi (tengah) merayakan kemenangannya bersama Marc Marquez (kiri) dan Cal Crutchlow di podium GP Belanda, Sabtu (29/6/2013).

Menurut Lorenzo, perselisihan antara keduanya sudah dimulai sejak balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, di musim yang sama. Saat itu, Marquez terjatuh karena ban depannya tersenggol oleh ban belakang Rossi.

"Antara benci dan cinta, ada garis yang sangat tipis. Itu membuatnya mustahil untuk berteman dengan lawan. Salah satu kunci pada kejuaraan adalah Argentina di 2015," ujar Lorenzo, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Sabtu (27/11/2021).

GP Argentina 2015motorsport.com GP Argentina 2015

"Di sana, Marc berpikir itu adalah kesalahan Vale. Mereka memiliki hubungan yang baik saat itu dan menurut saya, Marc merasa terganggu ketika setelahnya Vale tidak menghampirinya untuk menanyakan keadaannya setelah terjatuh," katanya.

Rossi sempat menjabat tangan Marquez ketika keduanya sama-sama naik podium beberapa musim setelah Sepang Clash. Namun, hubungan keduanya masih tetap dingin hingga sekarang Rossi sudah memutuskan untuk pensiun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.