Bukan Xpander Hybrid, Tahun Depan Mitsubishi Mulai Studi Minicab MiEV

Kompas.com - 25/11/2021, 19:12 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan akan mulai melakukan studi pasar untuk kendaraan bermotor listrik niaga Minicab MiEV tahun depan.

Dijelaskan Direktur Penjualan & Pemasaran MMKSI, Irwan Kuncoro, studi akan melibatkan beberapa perusahaan dan pemerintah RI untuk melihat potensinya di Tanah Air.

"Di 2022, kita akan melakukan tes pasar untuk electric vehicle (EV), tetapi kendaraan niaga. Ini salah satu solusi EV bagi pelaku bisnis," kata Direktur Penjualan & Pemasaran PT MMKSI Irwan Kuncoro dalam sesi talkshow IEMS 2021, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Strategi Mitsubishi Garap Kendaraan Listrik di Indonesia, Mulai dari Komersial

Mitsubishi Minicab MiEVDok. Sekretariat Presiden Mitsubishi Minicab MiEV

"Kendaraan niaga EV itu ialah Minicab MiEV. Tentunya, karena kita melihat pertimbangan infrastruktur dan SPKLU yang tersedia," lanjut dia.

Namun, Irwan belum merinci rencana studi pasar tersebut. Meski demikian langkah yang dibuat merupakan salah satu upaya perseroan mendukung target pemerintah atas program percepatan kendaraan bermotor listrik.

"Target populasi electric vehicle (EV) pemerintah RI sebesar 20 persen di 2025 sebenarnya sejalan dengan visi Mitsubishi Motors yang menargetkan 50 persen EV di 2030 secara global," katanya.

Sementara mengenai strategi kendaraan listrik Mitsubishi di Indonesia, tambah Irwan, ialah bertahap atau transisi yang dimulai dari HEV, PHEV, sampai ke battery electric vehicle (BEV), terutama pada kendaraan berpenumpang.

"Sehingga, secara perlahan masyarkat berani memulai perubahan untuk masa depan yang baik dengan menggunakan kendaraan listrik," ucap Irwan.

Baca juga: Mitsubishi Buka Suara Mobil Listrik Murah di Indonesia

Direktur Penjualan & Pemasaran MMKSI, Irwan Kuncoro mengungkapkan rencana Mitsubishi Indonesia mengenai kendaraan listrik di dalam negeri pada talkshow IEMS 2021, Kamis (25/11/2021).KOMPAS.com/Ruly Direktur Penjualan & Pemasaran MMKSI, Irwan Kuncoro mengungkapkan rencana Mitsubishi Indonesia mengenai kendaraan listrik di dalam negeri pada talkshow IEMS 2021, Kamis (25/11/2021).

Adapun kehadiran MiEV di Indonesia yang lebih dahulu ketimbang Xpander Hybrid sebelumnya telah diungkapkan secara tidak langsung oleh Director of Product Strategy Division PT MMKSI, Hikaru Mii.

Pada kesempatan terkait, ia mengatakan bahwa mempertimbangkan keadaan Indonesia saat ini, menghadirkan mobil niaga listrik lebih relevan. Sebab, limitasi jarak tempuh dan harga masih jadi persoalan besar.

"Sektor bisnis lebih cocok untuk EV. Itu poin kami di sini. Tentu kendaraan penumpang itu penting, tapi langkah pertama kami adalah di commercial vehicle," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.