Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021 Resmi Dibuka

Kompas.com - 24/11/2021, 10:28 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 resmi dibuka secara terbuka di kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, pada Rabu, 24 November 2021.

Berlangsung hingga Jumat, 26 November 2021, seremoni pembukaan dilakukan oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko bersama Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ayodhia GL Kalake dan pihak terkait lainnya.

"IEMS 2021 salah satu upaya kita untuk menstimulus para pihak bersangkutan khususnya periset Indonesia agar segera melakukan riset terkait kendaraan listrik, karena kita belum terlalu ketinggalan di industri ini," ucapnya, Rabu (24/11/2021).

"Sebab, sebagaimana dikatakan Presiden RI kemarin, bila pergerakan kita lambat Indonesia berpotensi hanya akan menjadi market saja. Jadi, kalau tidak sekarang, kapan lagi," lanjut dia.

Baca juga: Catat, Ini 40 Jalan Tol yang Bakal Terapkan Pembayaran Nirsentuh Tanpa Berhenti

Pembukaan Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Rabu (24/11/2021), di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan. Kompas.com - Ruly Kurniawan Pembukaan Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Rabu (24/11/2021), di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan.

Diharapkan, perhelatan yang telah dihelat kedua kalinya ini mampu mendorong program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai sebagai alat transportasi sebagaimana tertuang dalam Perpres 55/2019.

"Acara ini juga sebagai upaya mendorong program KBLBB yang akan jadi solusi menjadi transformasi energi. Diharapkan, nantinya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan," kata Ayodhia.

Sedikitnya terdapat 30 peserta terdaftar yang bakal menampilkan kendaraan listrik dan inovasi electric vehicle (EV), seperti Toyota, Hyundai, Wuling, Gesits, Pertamina, PLN, Institut Teknologi PLN, dan Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Penyesalan Terbesar Selama Balapan

Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021Kompas.com - Dio Dananjaya Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021

Selain itu, pameran IEMS 2021 juga menghadirkan program talkshow, seminar, dan memperlihatkan beragam inovasi teknologi untuk kendaraan berbasis listrik.

Pengunjung bisa mencoba beberapa kendaraan di area test drive yang sudah disediakan.

Menurut Ketua Pelaksana IEMS 2021 sekaligus Kepala Kantor Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE)-BRIN Barman Tambunan, pameran IEMS 2021 akan mengusung konsep Hybrid Exhibition dan Hybrid Seminar.

Sementara tema yang diusung di tahun ini adalah "Innovation for Better Future e-Mobility".

"Kegiatan IEMS ini diharapkan dapat menangkap pasar potensial dari kendaraan listrik baik bagi regulator, produsen, asosiasi, hingga badan riset dan perguruan tinggi," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com