Polda Metro Jaya Terapkan Crowd Free Night pada Malam Tahun Baru 2022

Kompas.com - 24/11/2021, 08:12 WIB
Petugas kepolisian melakukan patroli saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAPetugas kepolisian melakukan patroli saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mencegah lonjakan kasus penularan Covid-19 di Indonesia, pemerintah resmi menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh daerah selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

PPKM Level 3 pada periode tersebut bakal berlaku dengan durasi lebih dari sepekan, yakni mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Sejumlah pembatasan mobilitas akan diterapkan sebagai implementasi dari PPKM ini.

Di DKI Jakarta, Polda Metro Jaya berencana akan menerapkan crowd free night (CFN) kembali di sejumlah titik pada malam pergantian tahun 2021 ke 2022.

Baca juga: All New Xenia Mendominasi Pemesanan Daihatsu Selama Pameran

"Seperti malam tahun baru 2020 ke 2021, nanti pergantian malam tahun baru ke 2021 ke 2022 kami juga melakukan hal yang sama (crowd free night)," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (23/11/2021).

Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan  Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

Kebijakan crowd free night sendiri sebelumnya sudah pernah dilakukan pada September 2021. Pihak kepolisian menerjunkan lebih dari 500 personel tiap malam untuk melakukan tindakan sterilisasi di sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan keramaian.

Penjagaan dimulai sejak pukul 00.00 WIB dan berakhir menjelang pagi hari pukul 04.00 WIB. Hal tersebut dilakukan demi mengurangi mobilitas di Jakarta pada malam hari.

Baca juga: Toyota Veloz dan Avanza Calon MPV Sejuta Umat, SPK Mulai Menumpuk

Untuk malam pergantian tahun baru 2022 nantinya, Sambodo menjelaskan bahwa pihaknya masih terus mematangkan teknis penerapan CFN tersebut. Diperkirakan lokasi penerapannya juga bakal bertambah dibanding penerapan sebelumnya.

"Jadi tidak hanya Sudirman-Thamrin, tetapi juga tempat-tempat yang sering jadi tempat perayaan tahun baru seperti di Taman Mini, Ancol, dan lokasi-lokasi lain yang sering dijadikan tempat pelaksanaan acara tahun baru, kita akan lakukan crowd free night," kata Sambodo.

"Kita jaga agar setelah libur Natal dan tahun baru tidak jadi peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan," ujarnya menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.