Hino Masih Pikir-pikir Bawa Sasis Bus Tronton Ke Indonesia

Kompas.com - 23/11/2021, 18:01 WIB
sasis bus tronton kaskussasis bus tronton

TANGERANG, KOMPAS.com - Moda transportasi seperti bus di Indonesia saat ini sudah semakin membaik. Mulai dari armadanya yang semakin beragam, sampai kondisi infrastruktur jalan yang semakin membaik.

Perusahaan Otobus (PO) juga saling berlomba, memberikan pelayanan yang nyaman dan armada bus premium seperti bus Super High Deck (SHD) sampai bus tingkat atau double decker. Biasanya, sasis yang terpasang ke bodi bus SHD dan double decker adalah tronton atau triple axle.

Merek-merek sasis bus yang memiliki lini produk tronton saat ini baru ada Mercedes Benz, Scania, Volvo, dan MAN. Jika dilihat, memang baru merek eropa saja yang memasarkan sasis tronton di Indonesia.

Baca juga: Keluh Kesah Penonton di Sirkuit Mandalika

Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Padahal ada Hino yang sebenarnya juga mendominasi bus besar bermesin belakang dengan GVW 10 ton - 24 ton. Lalu apakah Hino juga akan ikut meramaikan jalanan dengan sasis bus tronton?

Santiko Wardoyo, COO Director PT Hino Motors Sales Indonesia mengatakan, sementara, Hino masih mempertimbangkan untuk membawa sasis tronton ke Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita masih fokus untuk sasis dengan jumlah unit yang banyak saja (volume maker)," ucap Santiko kepada Kompas.com di Tangerang belum lama ini.

Baca juga: Toyota Veloz dan Avanza Calon MPV Sejuta Umat, SPK Mulai Menumpuk

Santiko juga menjelaskan, sasis tronton volumenya sedikit, hanya sebagian PO bus yang menggunakannya dan investasinya juga mahal. Selain itu, Hino juga memproduksi sasisnya di Indonesia, sedangkan untuk tronton, merek lain juga masih impor.

"Kita mikirnya yang bisa dibuat di Indonesia. Tapi enggak menutup kemungkinan kita pertimbangkan sasis 6x2," kata Santiko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.