Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Muda Binaan Honda Tutup IATC 2021 dengan Dominasi 10 Besar

Kompas.com - 22/11/2021, 08:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menutup seri terakhir Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 dengan mendominasi sepuluh besar.

Balapan yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, ini memang belum menghasilkan podium untuk keenam pebalap tersebut. Namun, performa yang ditunjukkan selalu menunjukkan peningkatan.

Baca juga: Intip Detail dan Spesifikasi Motor Balap Idemitsu Asia Talent Cup 2021

Salah satu penampilan impresif ini dipersembahkan oleh Herjun. Dia berhasil mencetak hasil impresif saat kualifikasi yang menempatkannya di posisi start ketiga.

Reykat Yusuf Fadillah saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit MandalikaDok. ATC Reykat Yusuf Fadillah saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika

Pada saat race 3 dimulai, pebalap kelahiran Pati, Jawa Tengah ini menunjukkan keahlian balapnya dengan konsisten berada di posisi ketiga di hampir separuh balapan.

Sayangnya, persaingan sengit memperebutkan posisi ketiga harus terlepas dari Herjun di lap terakhir dan menempatkannya di posisi keempat dengan selisih waktu yang tipis.

Baca juga: Profil Pebalap Muda Binaan Honda di Idemitsu Asia Talent Cup 2021

Sebelumnya, pada race 1 dan 2, Herjun juga berulangkali masuk lima besar pebalap terdepan. Namun, Herjun harus puas finis di posisi keenam pada kedua balapan tersebut. Pencapaian ini menempatkan pebalap berusia 17 tahun ini di posisi klasemen ke-12 dengan total poin 33.

Herlian Dandi (#11) saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit MandalikaDok. ATC Herlian Dandi (#11) saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika

“Pada balapan terakhir ini, selepas start saya langsung fokus untuk tidak lepas dari group terdepan. Saya sudah merencanakan untuk melakukan tekanan di tikungan terakhir untuk bisa ambil posisi terbaik. Tapi strategi saya kurang sempurna akibat rapatnya persaingan dan mengakhiri balapan di posisi keempat," ujar Herjun, dalam keterangan resminya.

Herjun menambahkan, secara keseluruhan dirinya senang dapat tampil kompetitif pada putaran perdananya di IATC 2021. Bahkan, dapat finis lima besar disaksikan langsung oleh masyarakat Indonesia.

Fadillah Arbi Aditama (#3) saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit MandalikaDok. ATC Fadillah Arbi Aditama (#3) saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika

Selain Herjun, rekan satu timnya, yakni Fadillah Arbi Aditama, Herlian Dandi, Reykat Yusuf Fadillah, dan Veda Ega Pratama juga finis di posisi 10 besar pada race 3.

Pada kesempatan yang sama, Reykat juga berhasil menunjukkan performa yang sangat kompetitif pada balapan perdananya sebagai wildcard di seri penutup ATC 2021. Pada race 1 yang dilaksanakan Jumat (19/11), pebalap berusia 13 tahun ini memulai balapan di posisi ke-9 dan berhasil menyodok ke depan hingga finis di posisi ke-5.

Herjun Atna Firdaus saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit MandalikaDok. ATC Herjun Atna Firdaus saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika

“Pada keseluruhan balapan ATC kali ini, saya berusaha mencoba untuk langsung menekan hingga masuk rombongan yang berpeluang berebut podium. Saya senang dapat menembus finish lima besar pada balapan pertama jumat lalu, dimana balapan tersebut merupakan debut perdana saya di ATC," kata Reykat.

Reykat menambahkan, dirinya bersyukur sudah mendapat kesempatan wildcard pada ATC 2021. Pengalaman yang didapatkan akan menjadi bekal berharga untuk dirinya di masa depan.

Azryan Dheyo Wahyumaniadi (#19) saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit MandalikaDok. ATC Azryan Dheyo Wahyumaniadi (#19) saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Sirkuit Mandalika

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya, mengatakan, perjuangan keenam pebalap Indonesia langsung di depan masyarakat memberikan kebanggaan untuk semua.

"Kami mengapresiasi perjuangan gigih dan hasil positif sepanjang ATC 2021. Hasil ini juga menjadi pembelajaran kami untuk dapat mempersembahkan hasil yang lebih baik lagi di musim depan,” ujar Andy.

Berdasarkan hasil balapan terakhir, berikut urutan klasemen final ATC 2021. Herjun Atna Firdaus di posisi klasemen ke-12 dengan total 33 poin, disusul oleh Herlian Dandi di posisi ke-13 dengan 29 poin, Reykat Yusuf Fadillah di posisi ke-15 dengan 27 poin, Fadillah Arbi Aditama di posisi ke-16 dengan 18 poin, dan Veda Ega Pratama di posisi ke-17 dengan 15 Poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com