Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jaga Lis Karet Pintu Mobil Biar Tetap Awet

Kompas.com - 21/11/2021, 13:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen pada mobil yang kerap luput dari perhatian pemiliknya adalah lis karet pada pintu mobil. Padahal, fungsi lis karet ini termasuk vital dalam menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalam kabin.

Pertama, lis karet berperan meredam benturan ketika proses menutup pintu mobil karena berfungsi sebagai bantalan. Selanjutnya, guna meningkatkan kekedapan kabin terhadap suara dari luar kabin.

Bukan cuma itu, lis karet pintu turut bekerja menahan air masuk ke dalam kabin jika mobil tengah melaju di cuaca hujan atau melibas genangan air yang cukup tinggi.

Sama seperti komponen mobil lainnya, lis karet punya masa pakai yang terbatas. Artinya, jika usianya sudah terlampau bertahun-tahun dan tidak terawat, fungsinya akan jauh berkurang. Hal ini dibenarkan oleh Rafi'i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Cabang Cilandak.

Baca juga: Ketika Calon Juara Dunia WSBK Bantu Emak-emak Potong Rumput

Ilustrasi karet pintu mobil yang sudah getasDok. Otomotif Group Ilustrasi karet pintu mobil yang sudah getas

"Cara mengetahui ciri-ciri karet pintu harus diganti. Pertama, bentuknya berubah jadi gepeng, kurang kedap suara di kabin hingga terdengar suara angin seperti siulan," ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Secara fisik karet tampak rusak. Jika ciri-ciri itu mulai terlihat dan terasa, ada baiknya piranti ini diganti baru," kata Rafi'i menjelaskan lebih lanjut.

Demi menjaga lis karet pintu mobil agar tidak mudah rusak dan masa pakainya panjang, berikut beberapa tips yang mudah untuk dilakukan. Ingat untuk memarkirkan mobil di lokasi teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Ini dilakukan agar karet tidak mudah kering dan getas.

Baca juga: Diskon Mobil Murah Daihatsu Ayla dan Sigra di GIIAS 2021

Lis karet pintu mobil Astra Peugeot Lis karet pintu mobil

Lalu usahakan tidak sering kontak langsung dengan komponen karet tersebut. Misalnya saat proses memasukkan dan mengeluarkan barang. Perlu diingat bahwa gesekan yang berulang-ulang menyebabkan lis karet ini rentan robek.

Lantas untuk membersihkan lis karet dari kotoran yang menempel, caranya rutin mencuci komponen ini, dan menyiram di sela-sela lekukan pada lis karet dengan air yang bersih.

Terakhir, manfaatkan cairan khusus silikon alias silicone spray. Cairan ini membuat lis karet jadi lebih licin dan lembab sehingga tidak mudah getas. Banderol cairan khusus silikon ini sekitar Rp 30.000 - Rp 100.000 tergantung merek dan ukuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com