Kompas.com - 17/11/2021, 08:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia resmi memperkenalkan generasi terbaru Isuzu mu-X di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 belum lama ini.

Mobil yang dibanderol Rp 559,9 juta OTR DKI Jakarta ini hanya ditawarkan dalam satu varian, yakni 4x4 dengan transmisi otomatis. Bahkan untuk produk yang dipajang di booth IAMI, mu-X sudah didandani bergaya tambang dengan bumper bull bar dan rotator di atap.

Jika dibandingkan dengan SUV medium dengan ladder frame yang ada di pasar Indonesia, mu-X terbaru belum menawarkan varian 4x2. Padahal jika diperhatikan, porsi volume penjualan SUV medium 4x2 lebih besar dibandingkan 4x4.

Baca juga: Begini Cara Cegah Aquaplaning di Jalan Tol

Ilustrasi tampilan Isuzu MU-X generasi terbaru.headlightmag.com Ilustrasi tampilan Isuzu MU-X generasi terbaru.

Yohanes Pratama, Chief Operation PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation mengatakan, pihaknya terus mempelajari mengenai market SUV di Indonesia.

“Kalau kita lihat, segmen SUV 4x2 itu di kondisi normal dalam satu bulan sekitar 3.000-3.500 unit. Sedangkan segmen SUV 4x4 dalam satu bulan kira-kira 1.000-1.300 unit rata-rata,” ucapnya di GIIAS 2021, belum lama ini.

Jika membandingkan dua segmen tadi, segmen 4x2 memang lebih ‘seksi’ dibanding 4x4. Tapi kali ini, Isuzu Indonesia mencoba setahap demi setahap. Jadi tidak langsung mengeluarkan varian lain layaknya di negara tetangga.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Avanza Baru, Bisa Dicicil sampai 60 Kali

“Kita tahu di Thailand, mu-X ini sudah keluar dari tahun lalu dan ada yang 4x2 dan 4x4. Kami dengan studi tersebut, disesuaikan dengan segmen di Indonesia hari ini,” kata Yohanes.

Lalu untuk kapan hadirnya varian 4x2 mu-X, Yohanes hanya bilang untuk tunggu tanggal mainnya. Intinya untuk saat ini, Isuzu Indonesia masih fokus pada D-Max dan mu-X dengan penggerak 4x4 yang menyasar kepada kendaraan kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.