Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Ungkap Strategi Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 17/11/2021, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren penjualan mobil listrik di Indonesia mulai meningkat seiring dengan masuknya beberapa model mobil listrik berbasis baterai (BEV) ke pasaran.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), jadi salah satu pabrikan yang ikut meramaikan segmen kendaraan listrik.

Selain memasarkan Outlander PHEV, Mitsubishi juga memamerkan mobil niaga ringan (light commercial vehicle/LCV) Minicab MiEV pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Baca juga: Skema Kredit Honda All New BR-V, Cicilan Mulai Rp 4 Jutaan

Jeroan Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Jeroan Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.

Kehadiran Minicab MiEV tentu menarik, pada saat pabrikan lain masuk ke segmen mobil listrik untuk penumpang, Mitsubishi justru hadir di segmen kendaraan niaga.

Pihak MMKSI menyatakan, tengah mempelajari kemungkinan untuk menghadirkan LCV EV di Indonesia.

“Ini sangat cocok buat masyarakat Indonesia karena kendaraan komersial punya jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dan sudah ada polanya,” ujar Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI, dalam konferensi pers (16/11/2021).

Baca juga: Adu Desain All New Avanza dan Xpander Facelift, Pilih Mana?

Suasana saat pameran mobil PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di ajang GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana saat pameran mobil PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di ajang GIIAS 2021 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021).

“Saat ini Minicab EV belum untuk dijual. Masih jalani tahap uji coba, tapi uji coba itu akan jadi pertimbangan apakah menjual atau tidak,” kata dia.

Mii menambahkan, Mitsubishi punya strategi XEV. Di mana mobil listrik yang bakal hadir terdiri dari Hybrid, PHEV dan BEV. Menurutnya, perusahaan bakal mencari yang terbaik dengan mengombinasikan ketiganya.

“Saat ini mitsubishi masih mempertimbangkan mana yang terbaik dari XEV. Jadi kami tidak bisa mengatakan hybrid yang dipilih, karena semuanya masih dalam pertimbangkan,” ucap Mii.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota New Veloz, Angsuran Mulai Rp 4 Jutaan

Mitsubishi Outlander PHEVDok. MMKSI Mitsubishi Outlander PHEV

Menurutnya, Mitsubishi Motors percaya saat ini pemerintah sangat mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

“Bantuan dari pemerintah tentu akan sangat membantu pengembangan industri kendaraan listrik. Tapi, sepanjang yang saya mengerti masalah infrastruktur di sini memang sangat butuh waktu,” kata Mii.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com