Avanza Baru Pakai Penggerak Roda Depan, Ini Keunggulannya

Kompas.com - 13/11/2021, 07:02 WIB
Toyota Avanza dan Veloz terbaru. Dok. TAMToyota Avanza dan Veloz terbaru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru Toyota Avanza dan Veloz resmi dipajang PT Toyota Astra Motors (TAM) di pameran otomotif nasional, Rabu (10/11/2021). Kedua mobil yang dikenal dengan sebutan MPV sejuta umat itu hadir dengan transformasi yang benar-benar baru dibanding versi sebelumnya.

Ubahan yang dilakukan tergolong menyeluruh, meliputi tampilan luar, dalam, transmisi, dan fitur yang lebih modern dari sebelumnya. Satu hal lagi yang membuatnya berbeda dari generasi sebelumnya yakni MPV sejuta umat tersebut menggunakan platform penggerak roda depan (FWD).

Baca juga: Daftar Harga All New Avanza dan New Veloz di Jateng-DIY

Dengan disematkannya penggerak roda depan, sensasi berkendara All New Avnza dan New Veloz tentunya akan berbeda dari generasi sebelumnya.

Perlu diketahui, mobil dengan sistem penggerak roda depan merupakan mobil yang memiliki mesin yang akan menggerakkan roda bagian depan kendaraan saja.

Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021KOMPAS.com/Ruly Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa keunggulan dari mobil dengan penggerak roda depan. Salah satunya yakni lebih efisien dibanding mobil penggerak roda belakang.

"Dengan konstruksi yang sederhana, maka mobil penggerak roda depan tidak perlu kopel atau propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Ini Daftar Harga All New Avanza dan New Veloz | Kabin All New Veloz Bisa Jadi Kamar Berjalan

Dengan penggunaan konstruksi yang lebih sederhana, mobil dengan penggerak roda depan mempunyai kelebihan memiliki bobot lebih ringan. Dengan begitu, kinerja mesin menjadi lebih ringan dan lebih efisien.

"Nah, dengan bobot yang lebih ringan tadi maka kinerja mesinnya menjadi lebih efisien." ucap Didi.

Didi menjelaskan, mobil yang menggunakan penggerak roda belakang biasanya akan ada tenaga yang sedikit terbuang karena adanya propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Efeknya, tenaga yang disalurkan ke dua roda depan akan terasa lebih instan.

Ruang kabin Avanza Veloz milik Sigit Sulistianto yang sering ia gunakan sebagai ruang kerja berjalan.Roderick A. Moses Ruang kabin Avanza Veloz milik Sigit Sulistianto yang sering ia gunakan sebagai ruang kerja berjalan.

Selain kinerja mesin yang lebih efisien, mobil dengan penggerak roda depan yang tidak menggunakan kopel atau propeller shaft yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang akan membuat dek mobil bagian tengah lebih rata. Sehingga, ruang kabin akan terasa lebih lega.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.