Mobil Alami Kecelakaan, Sopir Jangan Mementingkan Diri Sendiri

Kompas.com - 08/11/2021, 11:22 WIB
Mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672.400/A, Kamis (4/11/2021). Mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672.400/A, Kamis (4/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Dari kasus kecelakaan yang terjadi belakangan ini, banyak contoh sopir yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan diri sendiri.

Padahal sopir punya tanggung jawab atas kendaraan dan penumpang yang ada di dalamnya. Bisa menjaga keselamatan kendaraan beserta orang-orang yang naik jadi salah satu tugas pengemudi.

Seperti kejadian yang menimpa Vanessa Angel dan keluarganya pada beberapa hari yang lalu. Diduga penyebab kecelakaan karena kelalaian sopir yang berujung fatal.

Baca juga: Toyota Luncurkan Aygo X, Crossover Mungil Pakai Mesin Agya

Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Sopir almarhum Vanessa Angel diduga sempat melanggar beberapa aturan lalu lintas, sebelum akhirnya mengalami kecelakaan di Tol Trans Jawa KM 673+300A ruas Jombang-Mojokerto, Jawa Timur.

Pemerhati masalah transportasi Budiyanto mengatakan, masih banyak sopir yang menyepelekan pelanggaran lalu lintas karena menuruti egonya.

Padahal menurutnya, pelanggaran lalu lintas merupakan pintu masuk kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Algarve 2021, Bagnaia Pole Position

Evakuasi korban luka bakar akibat kebakaran angkot di Kabupaten Rohil, Riau, Sabtu (6/11/2021).Dok. Polres Rohil Evakuasi korban luka bakar akibat kebakaran angkot di Kabupaten Rohil, Riau, Sabtu (6/11/2021).

"Peristiwa yang tidak diduga tersebut, disadari maupun tidak karena sikap perilaku pengemudi yg kadang-kadang abai atau menyepelekan," ucap Budiyanto, dalam keterangannya kepada Kompas.com (7/11/2021).

"Dan tidak melakukan kewajiban yang seharusnya dilakukan secara konsisten oleh pengemudi agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas," ujar dia.

Kemudian terjadi lagi insiden lain pada Sabtu (6/11/2021), di Jalan Lintas Riau-Sumatera Utara di Kilometer 12 Kepenghuluan Bangko, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Baca juga: Honda HR-V Hybrid Meluncur, Harga Mulai Rp 388 Jutaan

Ilustrasi berkendara aman dan nyamanSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara aman dan nyaman

Diketahui angkot beserta 8 penumpang di dalamnya terbakar hebat. Diduga mobil terbakar karena korsleting listrik.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.