Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocor, Ini Tampang Generasi Terbaru Daihatsu Xenia

Kompas.com - 03/11/2021, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bocoran wujud generasi terbaru mobil keluarga 7-penumpang Daihatsu Xenia, tersebar di media sosial jelang peluncurannya dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Dalam unggahan foto yang diterima Kompas.com, kendaraan dengan kelir merah tersebut tampak lagi keluar dari lini produksi pabrik. Rumors menyatakan, saat ini persiapan model-model baru ini adalah peluncuran dan pameran di GIIAS 2021.

Terlihat sekilas, tampang Xenia kini menjadi lebih bongsor dan kekar jika dibandingkan model sebelumnya. Pada bagian depan dan sampingnya, terasa juga nuansa mobil konsep DN-Multisix. Tentu saja, bodinya mirip dengan bocoran Veloz yang sudah lebih dahulu terungkap, tapi tetap ada perbedaan di bagian tampang.

Baca juga: Avanza-Xenia Generasi Baru Siap Meluncur, Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobil FWD

Bocoran Xenia Terbaru Bocoran Xenia Terbaru

Lebih rinci, ada perubahan yang cukup jelas pada wajah Xenia yaitu penyematan lampu depan LED dan grill model jaring dengan desain menipis atau tidak lebar.

Pada sisi kiri dan kanan bawah lampu, ada rumah lampu kabut yang cukup besar memanjang, seperti pada Sigra. Sedangkan tarikan tegas mengotaknya mirip Rocky, terlebih berwarna merah.

Kemudian, desain pelek alloy palang dibalut dual tone juga jadi aspek baru pada mobil. Namun tidak terlihat jelas detil di sekitaran kaca dan side skirt-nya.

Diketahui, DN-Multisix merupakan kendaraan konsep yang dibawa oleh Daihatsu ke lantai GIIAS pada 2017 lalu. Mobil digadang-gadang jadi suksessor Xenia-Avanza di masa depan.

Baca juga: Mobil yang Dijual di Indonesia Apa Perlu Dipasang Fog Lamp Belakang?

Bocoran Tampang Terbaru Daihatsu Xenia Bocoran Tampang Terbaru Daihatsu Xenia

Bocoran gambar lebih jelas dari Xenia terbaru juga turut bocor di satu unggahan foto akun Instagram @indra_fathan. Bedanya, kelir mobil berwarna hitam dan terkesan ringkas.

Hanya saja, belum ada bocoran pada bagian interior mobil, apakah ada yang berubah baik pada jok, dasbor, kisi-kisi AC, setir kemudi, sampai kelapangan kabinnya atau tidak.

Sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan akan hadirkan generasi terbaru Xenia dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, pada 11 November 2021 mendatang.

Berbagai aspek akan diremajakan dan disempurnakan agar menambah kesan tersendiri terhadap mobil, khususnya pada bagian eksterior. Tapi hingga saat ini pabrikan masih menutup keran informasi.

Baca juga: Beda dengan Toyota, Daihatsu Pilih Luncurkan Xenia di GIIAS

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Bocoran paling kuat diperoleh dari lampiran pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tentang perubahan NJKB.

Dalam beleid itu, Xenia bakal punya varian dengan fitur ASA (Advanced Safety Assist). Teknologi ini sudah tersedia di Rocky, yang di antaranya terdiri dari Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

Untuk NJKB Xenia memiliki nilai Rp 144 juta - Rp 170 juta, naik dari model yang sedang beredar yaitu Rp 135 juta - Rp 172 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com