Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi L300 Jadi Kendaraan Niaga Ringan Andalan Konsumen

Kompas.com - 02/11/2021, 14:32 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal dengan Mitsubishi L300Kendaraan niaga ringan dari pabrikan berlambang tiga berlian menjadi salah satu produk yang memiliki life cycle atau masa hidup cukup panjang.

Mitsubishi L300 pertama kali diluncurkan pada tahun 1979, artinya saat ini usianya sudah 42 tahun di dunia. Di Indonesia sendiri, Colt L300 masih dijual sampai sekarang.

L300 menjadi kendaraan komersial yang dinilai cukup tangguh berkat mesin diesel 4D56 berkapasitas 2.500 cc yang terkenal kuat dan andal. Mobil ini diklaim bisa menghasilkan tenaga mencapai 73 dk dengan torsi maksimal 142 Nm.

Baca juga: Simak Lagi Perbedaan Penggolongan SIM C

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi L300 pikap sukses mempertahankan posisi di segmen small pikap 4x2 dengan market share 66 persen dan terjual 2.066 unit.

Mobil ini berkontribusi sebesar 22,5 persen dari keseluruhan penjualan MMKSI, angka penjualannya tepat berada di bawa MPV murah Xpander dan Xpander Cross yang berada di peringkat pertama.

Mitsubishi Colt L300https://www.mitsubishi-motors.co.id Mitsubishi Colt L300

“Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model tersebut dibuktikan dengan peningkatan penjualan dan pangsa pasar di segmennya,” ujar Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, beberapa waktu lalu.

Besarnya angka penjualan Colt L300 ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah dari segi harga dan perawatan yang begitu mudah. Menurut pengakuan Andi Rizal yang merupakan pemilik L300, perawatan mobil pikap ini terbilang tidak rumit dan cukup sederhana.

“Kalau saya rutin mengecek kondisi air radiator dan mengganti timing belt secara rutin atau seperti yang dianjurkan oleh pabrikan,” ucap Andi.

Baca juga: Kapan Penggolongan SIM C Dimulai?

Berdasarkan situs resmi Mitsubishi Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam tiga tipe pilihan, mulai dari Rp 194 juta untuk pikap standar, Rp 194,5 juta untuk tipe pikap flat bed, dan Rp 189,5 juta untuk tipe cab chassis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com