Ducati Jadi Pemasok MotoE, Kapan Luncurkan Motor Listrik?

Kompas.com - 02/11/2021, 13:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati resmi menjadi pemasok motor listrik untuk ajang balap MotoE mulai 2023 hingga 2026. Ducati menggantikan Energica yang jadi pemasok sejak 2019.

Kabar tersebut tentu cukup mengejutkan banyak orang, karena hingga saat ini Ducati belum meluncurkan motor listrik ke pasaran.

CEO Ducati Claudio Domenicali mengatakan, Ducati masih butuh waktu sebelum meluncurkan motor listrik. Adapun yang dipakai di MotoE merupakan prototipe.

Baca juga: Sulitnya Punya Mental Saling Berbagi saat Berkendara di Jalan Raya

Ducati resmi jadi pemasok motor listrik untuk ajang balap MotoE mulai 2023 hingga 2026Dok. Ducati.com Ducati resmi jadi pemasok motor listrik untuk ajang balap MotoE mulai 2023 hingga 2026

“Ducati selalu fokus pada masa depan, dan setiap kali memasuki dunia baru, ia melakukannya untuk menciptakan produk dengan kinerja terbaik,” kata Domenicali mengutip Visordown, Selasa (2/11/2021).

“Kesepakatan dengan Dorna, pemegang hak MotoGP, datang pada waktu yang tepat untuk Ducati, yang telah mempelajari situasi powertrain listrik selama bertahun-tahun, karena itu akan memungkinkan kami untuk bereksperimen di bidang yang terkenal dan terkendali seperti balap," katanya.

Baca juga: Perpanjangan Insentif PPnBM Berdampak Positif pada Industri Komponen Otomotif

Domenicali mengatakan kesempatan menjadi pemasok MotoE merupakan waktu yang tepat buat perusahaan mengembangkan motor listrik.

MotoE 2019 seri pertama akan segera digelar di sirkuit Sachsenring, Jerman.MotoGP MotoE 2019 seri pertama akan segera digelar di sirkuit Sachsenring, Jerman.

“Produsen lain telah menempuh jalan ini. Di Ducati kami telah memikirkannya untuk sementara waktu. Sekarang waktunya tepat untuk belajar dan mempersiapkan transisi ini,” katanya.

Motor listrik Ducati pertama diprediksi masih butuh beberapa tahun lagi sebelum meluncur. Domenicali mengatakan, motor produksi nantinya tidak memakai prototipe MotoE.

“Kami ingin membangun motor balap dan mengembangkan teknologinya. Ini tidak berarti bahwa kita harus membuat replika sepeda balap. Kita bisa melakukan telanjang, misalnya. Targetnya adalah untuk mengembangkan teknologi dan pengetahuan," katanya.

Baca juga: Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Produksi Merek Mobil Eropa

MotoE akan dimulai pada musim 2019.CRASH.net MotoE akan dimulai pada musim 2019.

“Idenya adalah untuk mentransfer pengalaman yang diperoleh di dunia balap ke motor produksi, tetapi untuk melihat motor listrik pertama Ducati dengan karakteristik yang kami inginkan," ungkapnya.

Domenicali mengatakan motor listrik pertama Ducati paling cepat diprediksi baru meluncur pada 2030.

"Saya pikir kami harus menunggu beberapa tahun. Katakanlah antara tahun 2025–2030, tetapi lebih ke tahun 2030, karena kita tahu bahwa teknologi lithium berkembang dengan cepat,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.