Toyota Resmi Hadirkan SUV Listrik bZ4x, Siap Mengaspal 2022

Kompas.com - 01/11/2021, 09:22 WIB
Ilustrasi Toyota bZ4X Toyota GlobalIlustrasi Toyota bZ4X

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah dikenalkan pertama kali lewat model konsep pada April 2021, Toyota akhirnya resmi meluncurkan SUV listrik bZ4x. Mobil ini rencananya bakal melakukan debut pada pertengahan 2022.

Dalam keterangan resminya, Toyota menyebut bahwa bZ4x dibangun di atas platform mobil listrik berbasis baterai yang dikembangkan bersama Subaru.

Sasis mobil ini dibuat dengan pusat gravitasi rendah dan tingkat kekakuan yang lebih tinggi, agar memberikan rasa berkendara yang menyenangkan.

Baca juga: Taat Bayar Pajak, Kendaraan Akan Ditempel Stiker Hologram

Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama SubaruToyota Global Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama Subaru

Namun demikian, mobil ini juga harus memiliki ruang kabin yang luas, dan memberikan pengalaman berkendara yang tenang, serta santai saat duduk di dalamnya.

Pilihan-pilihan tersebut kabarnya bisa disesuaikan dengan pilihan mode berkendara yang tersedia. Alhasil pengemudi bisa mengontrol mobil sesuai seleranya dan dapat menyesuaikan dengan karakteristiknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lewat teknologi Subaru All-Wheel Drive yang mengadopsi fitur X-Mode, traksi di permukaan licin juga akan selalu terjaga. Terdapat pula fitur Grip-Control yang akan membantu kinerja mobil di segala kondisi.

Baca juga: Rossi Bocorkan 2 Masalah Utama Motor Yamaha M1

Ilustrasi Toyota bZ4XToyota Global Ilustrasi Toyota bZ4X

Selain mengusung sistem penggerak AWD, bZ yang merupakan singkatan dari beyond zero ini, akan tersedia dalam konfigurasi penggerak roda depan. Selain Toyota, Subaru bakal meluncurkan Solterra menggunakan teknologi serupa.

Keduanya mengemas baterai lithium-ion 71,4 kWh yang beroperasi pada 355 V, dengan dukungan untuk pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian DC hingga 150 kW.

Untuk model dengan penggerak roda depan, motor listrik FWD tunggal menghasilkan 150 kW (204 PS atau setara 202 tk) ke roda depan.

Baca juga: 11 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol Cikampek, Pahami Rumus 3 Detik

Mobil listrik Toyota bZ4X yang mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh Toyota Global Mobil listrik Toyota bZ4X yang mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh

Sedangkan AWD menghasilkan 109 PS atau setara 107 tk untuk masing-masing motor di depan dan belakang dengan total 218 PS atau setara 216 tk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.