Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kenalkan Mobil Listrik Konsep bZ4X, Siap Dijual 2022

Kompas.com - 20/04/2021, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota akhirnya resmi mengenalkan mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) bernama bZ4X. Bisa dibilang mobil ini adalah SUV terbaru di bawah brand khusus line-up kendaraan listrik, Toyota bZ atau Beyond Zero.

Jika sebelumnya Toyota terkenal dengan mobil berteknologi hybrid, kini jenama asal Jepang seiring berjalannya waktu, mulai serius mengalihkan perhatian ke teknologi listrik.

Apalagi banyak merek sudah meluncurkan mobil-mobil listrik terbarunya. Toyota pun mulai tampil all out menghadirkan produk konsepnya.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Berikut Titik Penyekatan di Jadetabek

Mobil konsep Toyota bZ4XDok. Toyota Mobil konsep Toyota bZ4X

Toyota bZ4X merupakan SUV listrik konsep yang diperkenalkan pertama kalinya di Auto Shanghai 2021. Meski masih prototipe, kemungkinan besar SUV ini bakal diproduksi massal dalam waktu dekat.

Apalagi Toyota juga telah mengumumkan untuk memproduksi SUV listrik bersama Subaru dengan platform khusus bernama e-TNGA.

“Konsep Toyota bZ4X memberikan pilihan lain dalam portofolio listrik kami yang sudah kuat,” ujar Bob Carter, Executive Vice President of Sales Toyota Motor North America, dalam keterangan resmi (19/4/2021).

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2021: Quartararo Juara, tapi Banyak yang Crash

Mobil konsep Toyota bZ4XDok. Toyota Mobil konsep Toyota bZ4X

Toyota bZ4X konsep ini nantinya akan bergabung dengan jajaran kendaraan listrik ramah lingkungan yang saat ini menyumbang 40 persen penjualan di AS, termasuk di antaranya baterai, hidrogen, hybrid, dan plug-in hybrid.

Tidak ada detail teknis untuk saat ini, tapi bZ4X dipastikan menggunakan penggerak AWD yang dikembangkan bersama Subaru.

Kabarnya lagi, versi produksi massal dari bZ4X akan dibuat di Jepang dan China, serta menyasar pasar global mulai pertengahan 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com