Kompas.com - 30/10/2021, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangki bahan bakar minyak (BBM) pada sepeda motor bisa saja mengalami korosi atau karat, khususnya pada motor sport. Jika sudah bocor, akan sulit untuk memperbaikinya.

Bahkan, tak jarang kebocoran tersebut tetap terjadi meski sudah diperbaiki. Pada akhirnya, harus mengganti tangki BBM dengan yang baru dan tentunya harus merogoh kocek lebih dalam.

Baca juga: Kapan Idealnya Kuras Tangki Bensin Mobil?

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, mengatakan, sebelum tangki berkarat maka usahakan isi tangki BBM secara penuh.

Tangki bensin motorStanly/Otomania Tangki bensin motor

"Isi bahan bakar secara full tank dan jangan biarkan bahan bakar mengendap di dalam tangki terlalu lama," kata Asep, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Asep mengatakan, di dalam tangki dapat terjadi kondensasi atau pengembunan jika sering kosong. Embun akan menghasilkan air yang dapat membuat korosi atau karat di dalam tangki.

Baca juga: Jangan Mengosongkan Tangki BBM, Efeknya Dapat Merusak Fuel Pump Mobil

"Jangan biarkan motor terlalu lama tidak dihidupkan, sehingga membuat bensin mengendap di tangki," kata Asep.

Salah satu Honda CB100 lansiran era 1970-an yang sudah direstorasi di bengkel Central Classic Custom, Gandul, Depok.Dokumentasi/Central Classic Custom Salah satu Honda CB100 lansiran era 1970-an yang sudah direstorasi di bengkel Central Classic Custom, Gandul, Depok.

Asep menambahkan, usahakan panaskan kendaraan setiap hari. Minimal bahan bakar di tangki bisa terkonsumsi oleh kendaraan.

"Timbulnya karat di bagian dalam tangki terjadi secara bertahap dan tidak langsung. Biasanya, karat tersebut akkan timbul beberapa tahun ke depan," ujar Asep.

Menurutnya, motor yang jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan sama sekali, biasanya akan timbul karat satu tahun kemudian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.