Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mengosongkan Tangki BBM, Efeknya Dapat Merusak Fuel Pump Mobil

Kompas.com - 11/09/2021, 13:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak kebiasaan pemilik kendaraan yang jika dibiarkan terus-menerus bakal membuat komponen mobil cepat rusak. Salah satunya kebiasaan membiarkan tangki bensin tiris.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia, mengatakan, kebiasaan tersebut secara langsung dapat mempengaruhi keawetan komponen fuel pump (pompa bensin) atau tangki bensin.

“Yang namanya fuel pump tugasnya adalah menyedot semua bahan bakar yang menuju ke mesin,” ujar Rifat, dalam konferensi virtual (9/9/2021).

Baca juga: Mau Beli Mobil Murah, Ini Daftar Harganya per September 2021

Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel PumpRyan/GridOto.com Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel Pump

Menurut Rifat, beberapa fuel pump punya teknologi untuk meminimalisir bahaya menyedot kotoran. Namun kondisi pompa bensin mesti prima.

“Masalahnya adalah hanya perlu waktu sekian detik untuk memuat fuel pump itu overheat,” ucap Rifat.

“Jadi tidak direkomendasikan untuk kosong banget tangki bensinnya. Jika kosong, akan ada potensi fuel pump menyedot kotoran,” tuturnya.

Baca juga: Xpander Mundur di Sitinjau Lauik, Masalahnya Bukan Soal FWD atau RWD

Pemandangan umum dari sebuah pompa bensin di jalan raya utama yang menghubungkan Ibu Kota Beirut ke Lebanon selatan saat mobil datang dari segala arah untuk mencoba dan mengisi tangki mereka dengan bensin, di kota pesisir Jiyeh, selatan Beirut, Lebanon, Jumat, September 3, 2021. AP PHOTO/HASSAN AMMAR Pemandangan umum dari sebuah pompa bensin di jalan raya utama yang menghubungkan Ibu Kota Beirut ke Lebanon selatan saat mobil datang dari segala arah untuk mencoba dan mengisi tangki mereka dengan bensin, di kota pesisir Jiyeh, selatan Beirut, Lebanon, Jumat, September 3, 2021.

Padahal membiarkan tangki bensin kosong juga ada sejumlah kekurangannya. Mulai dari waktu kita yang terbuang sewaktu mobil kehabisan bensin, karena terburu-buru.

Hingga kerugian lain seperti kosongnya tangki dapat menimbulkan potensi karat karena oksidasi.

“Bagaimana kalau ada keperluan mendadak, sementara bensin mau habis? Akan membuang waktu untuk mencari SPBU,” kata Rifat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com