Jangan Mengosongkan Tangki BBM, Efeknya Dapat Merusak Fuel Pump Mobil

Kompas.com - 11/09/2021, 13:42 WIB
Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak kebiasaan pemilik kendaraan yang jika dibiarkan terus-menerus bakal membuat komponen mobil cepat rusak. Salah satunya kebiasaan membiarkan tangki bensin tiris.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia, mengatakan, kebiasaan tersebut secara langsung dapat mempengaruhi keawetan komponen fuel pump (pompa bensin) atau tangki bensin.

“Yang namanya fuel pump tugasnya adalah menyedot semua bahan bakar yang menuju ke mesin,” ujar Rifat, dalam konferensi virtual (9/9/2021).

Baca juga: Mau Beli Mobil Murah, Ini Daftar Harganya per September 2021

Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel PumpRyan/GridOto.com Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel Pump

Menurut Rifat, beberapa fuel pump punya teknologi untuk meminimalisir bahaya menyedot kotoran. Namun kondisi pompa bensin mesti prima.

“Masalahnya adalah hanya perlu waktu sekian detik untuk memuat fuel pump itu overheat,” ucap Rifat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi tidak direkomendasikan untuk kosong banget tangki bensinnya. Jika kosong, akan ada potensi fuel pump menyedot kotoran,” tuturnya.

Baca juga: Xpander Mundur di Sitinjau Lauik, Masalahnya Bukan Soal FWD atau RWD

Pemandangan umum dari sebuah pompa bensin di jalan raya utama yang menghubungkan Ibu Kota Beirut ke Lebanon selatan saat mobil datang dari segala arah untuk mencoba dan mengisi tangki mereka dengan bensin, di kota pesisir Jiyeh, selatan Beirut, Lebanon, Jumat, September 3, 2021. AP PHOTO/HASSAN AMMAR Pemandangan umum dari sebuah pompa bensin di jalan raya utama yang menghubungkan Ibu Kota Beirut ke Lebanon selatan saat mobil datang dari segala arah untuk mencoba dan mengisi tangki mereka dengan bensin, di kota pesisir Jiyeh, selatan Beirut, Lebanon, Jumat, September 3, 2021.

Padahal membiarkan tangki bensin kosong juga ada sejumlah kekurangannya. Mulai dari waktu kita yang terbuang sewaktu mobil kehabisan bensin, karena terburu-buru.

Hingga kerugian lain seperti kosongnya tangki dapat menimbulkan potensi karat karena oksidasi.

“Bagaimana kalau ada keperluan mendadak, sementara bensin mau habis? Akan membuang waktu untuk mencari SPBU,” kata Rifat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.