Kompas.com - 30/10/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali mengetatkan aturan uji emisi terhadap kendaraan bermotor yang melintas atau beroperasi di wilayah Ibu Kota.

Aturan tentang uji emisi dilakukan untuk mendukung implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) No. 66 Tahun 2020 untuk menciptakan langit biru Jakarta.

Baca juga: Belajar dari Kasus Truk Tabrak Anggota Patwal di Tol Cikampek

Uji emisi kendaraan bermotor wajib dilakukan baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Aturan Uji emisi diwajibkan bagi seluruh kendaraan yang berusia lebih dari tiga tahun.

Mulai 13 November 2021, penegakan sanksi hukum berupa tilang bagi mobil dan sepeda motor yang tak lulus uji emisi di Jakarta bakal dilakukan.

Layanan uji emisi gas buang MitsubishiMMKSI Layanan uji emisi gas buang Mitsubishi

Bagi kendaraan yang mengabaikan kebijakan ini, akan dikenakan sanksi berupa tilang sebesar Rp 250.000 untuk sepeda motor dan Rp 500.000 bagi mobil.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan (Dishub), sudah memulai langkah sosialisasi terkait sanksi tilang yang digelar selama 30 hari mulai 12 Oktober sampai dengan 12 November 2021.

Baca juga: Setiap Mobil Wajib Sedia APAR, Ini Aturannya

Bagi pemilik mobil di wilayah Jakarta tidak perlu khawatir mengenai lokasi bengkel yang menyediakan layanan uji emisi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menyatakan, saat ini sudah banyak bengkel uji emisi yang tersedia di Jakarta dan sangat mudah untuk mencarinya.

Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi E-UJI EMISI yang bisa diunduh melalui playstore secara gratis.

Pengecekan kendaraan agar lulus uji emisiSUZUKI INDOMOBIL SALES Pengecekan kendaraan agar lulus uji emisi

Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur utama, seperti pengecekan hasil uji emisi kendaraan, sejarah uji emisi kendaraan, informasi daftar bengkel pelaksanaan uji emisi terdekat, pendaftaran kendaraan untuk dilakukan pengujian serta informasi dan kegiatan uji emisi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.