Kompas.com - 22/10/2021, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan raya tentu saja membutuhkan fokus dan juga kewaspadaan terhadap sekitar. Karena saat berada di jalan, tidak hanya berkendara sendiri, melainkan ada banyak kendaraan berbagai ukuran dalam satu lajur jalan.

Pada saat berkendara, ada suatu keadaan dimana pengendara berada di area yang tidak terlihat oleh pengemudi kendaraan lain yang lebih besar.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Sirkuit Mandalika Bisa Jadi Jalan Umum | Ada Diler Nakal yang Tawarkan Truk ODOL

Hal ini tentu saja berbahaya bagi pengguna sepeda motor karena posisinya tidak terlihat oleh pengendara kendaraan yang lebih besar.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, pada saat berkendara di jalan raya dan mengendarai kendaraan besar pasti ada yang namanya titik buta yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi.

Sebisa mungin untuk pengendara yang lain menghindari area blind spot tersebut.

Blind spot trukdetikoto Blind spot truk

"Sebagai pengedara kendaraan kecil, sebaiknya kita menghindari area blind spot kendaraan besar seperti truk dan bus," kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Ada indikasi apakah pengendara sedang dalam area blind spot suatu kendaraan atau tidak. Agus mengatakan jika masih bisa melihat pegemudi kendaraan besar melalui kaca spion dari kendaraan tersebut, berarti tidak sedang dalam area blind spot pengemudinya.

Baca juga: Viral, Video Truk Adang Rombongan Bus yang Nekat Lawan Arah

Selain pada saat berjalan, area blind spot juga harus diperhatikan oleh pengendara motor pada saat berhenti di lampu merah.

Pasalnya kendaraan besar dengan kursi pengemudi yang tinggi juga menambah blind spot suatu kendaraan.

Maka dari itu perhatikan baik-baik di mana posisi berhenti yang benar pada saat berdekatan dengan kendaraan besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.