Kompas.com - 22/10/2021, 07:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk belakangan sering terjadi. Polisi pun diminta untuk melakukan pengawasan lebih ketat kepada para sopir truk.

Pasalnya tak jarang para sopir kendaraan niaga belum memiliki SIM B1 ataupun B2. Bahkan dalam beberapa kasus, ada truk yang disopiri oleh mereka yang masih berada di bawah umur.

AKBP Argo Wiyono, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, mengatakan, sopir truk yang tidak memiliki SIM merupakan pelanggaran lalu lintas.

Baca juga: Viral, Video Truk Adang Rombongan Bus yang Nekat Lawan Arah

Truk ODOL di Sitinjau LauikYOUTUBE/SITINJAULAUIKTV Truk ODOL di Sitinjau Lauik

“Aturan ini sudah tercantum dalam Pasal 281 UU No 22 tahun 2009, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi,” ujar Argo, kepada Kompas.com (21/10/2021).

”Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat 1, dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta,” kata dia.

Seperti diketahui, bagi Anda yang ingin mengemudikan kendaraan besar seperti truk dan bus di jalan raya, butuh SIM khusus sebagai syarat legalitas.

Baca juga: Alasan Sopir Truk Sering Ugal-ugalan di Jalan Raya

Ilustrasi ujian praktik SIM B1 dan B2tribratanews.kalteng.polri.go.id Ilustrasi ujian praktik SIM B1 dan B2

Namun pemohon SIM tidak serta merta bisa membuat SIM B1 atau B2 yang khusus diperuntukkan buat kendaraan besar.

Adapun syarat pertama untuk bisa memiliki SIM B1 dan B2 ialah pemohon sudah terlebih dulu memiliki SIM A, atau SIM untuk mobil biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.