Yamaha Gaet Pebalap Moto3 Jadi Rekan Setim Dovizioso

Kompas.com - 22/10/2021, 09:42 WIB
Pebalap Moto3, Darryn Binder, resmi menjadi pebalap tim satelit Yamaha RNF MotoGP mulai musim 2022 AGIGI SOLDANOPebalap Moto3, Darryn Binder, resmi menjadi pebalap tim satelit Yamaha RNF MotoGP mulai musim 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi akan meninggalkan MotoGP akhir musim ini untuk pensiun. Sebagai penggantinya, tim satelit Yamaha, RNF MotoGP, menggaet pebalap Moto3, yakni Darryn Binder.

Darryn memiliki kakak yang merupakan pebalap tim pabrikan KTM, yakni Brad Binder. Pebalap asal Afrika Selatan ini resmi masuk RNF MotoGP untuk musim 2022 dan memiliki opsi hingga 2023.

Baca juga: Jadwal MotoGP Emilia Romagna 2021, Balapan Terakhir Rossi di Italia

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengatakan, dirinya menyambut baik kedatangan Darryn ke Yamaha. Sebelumnya, Yamaha juga sempat berunding, pebalap mana yang cocok untuk RNF MotoGP musim depan.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Ini adalah awal yang segar bagi tim satelit Yamaha dan semakin tepat untuk memiliki pebalap muda yang bersemangat seperti Darryn untuk bergabung dengan mereka, seperti yang Fabio (Quartararo) dan Franco (Morbidelli) lakukan sebelumnya," ujar Lin Jarvis, dalam keterangan resminya.

Lin Jarvis menambahkan, bagi Yamaha, misi utama tim satelit adalah mengembangkan talenta MotoGP masa depan. Darryn telah menunjukkan dalam banyak kesempatan apa yang mampu dia perbuat di kelas Moto3.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dovizioso Mengaku Tak Punya Musuh di MotoGP

"Kami tahu dia adalah pebalap yang cepat dan penuh tekad yang memiliki apa yang diperlukan untuk bertarung di barisan depan. Jelas, langkahnya ke MotoGP signifikan dan akan membutuhkan beberapa penyesuaian, tetapi kami merasa dia siap, dan Yamaha serta tim RNF MotoGP akan sepenuhnya mendukungnya untuk tantangan baru dan menarik ini," kata Lin Jarvis.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

Darryn sendiri mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih atas kesempatan ini, karena telah menjadi mimpinya seumur hidup untuk membalap di kategori MotoGP.

"Saya benar-benar tidak berharap untuk melompat langsung dari Moto3 ke kelas tertinggi, tetapi saya yakin saya siap untuk tantangan itu, dan saya siap untuk melakukan semua kerja keras untuk tahun 2022," ujar Darryn.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Darryn menambahkan, targetnya di awal adalah beradaptasi di kelas utama dan belajar sebanyak mungkin untuk menjadi lebih kuat di sepanjang musim sebagai rookie.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sangat besar kepada Yamaha dan tim RNF MotoGP atas semua yang telah mereka lakukan untuk membuat ini menjadi mungkin serta semua orang yang telah terlibat dalam membawa saya ke titik ini. Saya sekarang hanya menantikan untuk mengendarai Yamaha YZR-M1 untuk pertama kalinya di akhir musim ini,” kata Darryn.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.