IMI Siapkan 600 Marshal Sirkuit Mandalika, Bersertifikat Internasional

Kompas.com - 21/10/2021, 14:01 WIB
Sejumlah marshall mencoba membantu pebalap Ducati Jorge Lorenzo untuk kembali ke lintasan setelah sebelumnya terjatuh dalam balap seri GP San Marino yang digelar di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018). MotorsportSejumlah marshall mencoba membantu pebalap Ducati Jorge Lorenzo untuk kembali ke lintasan setelah sebelumnya terjatuh dalam balap seri GP San Marino yang digelar di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam ajang balap motor atau mobil, salah satu petugas yang memiliki fungsi tak kalah penting adalah marshal. Petugas ini yang pertama kali akan hadir di sirkuit jika terjadi sesuatu saat balapan.

Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, dalam waktu dekat ini akan menjadi tuan rumah dari ajang balap internasional, yakni Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), World Superbike (WorldSBK), dan MotoGP.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Bisa Jadi Jalan Umum, Bagian yang Mana?

Namun, belum ada marshal lokal yang pernah bertugas untuk ajang balap internasional. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari pengetahuan hingga pengalaman.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (tiga dari kanan), dibantu para marshal setelah mengalami kecelakaan saat balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).JEREMY BROWN/DEUS IMAGES/AFP PHOTO Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez (tiga dari kanan), dibantu para marshal setelah mengalami kecelakaan saat balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).

Untuk memastikan marshal siap bertugas dalam IATC, WorldSBK, dan MotoGP, Ikatan Motor Indonesia (IMI) pun bertanggung jawab penuh. IMI sudah melakukan seleksi dan menggelar pelatihan serta pendidikan.

"Marshal itu ada 600 orang yang dididik, tapi memang tidak kita ambil semuanya. IMI yang mendidiknya. Jadi, melalui IMI dengan pemuda-pemuda setempat," ujar Happy K. Harinto, Chief Strategic & Communications Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), di Jakarta, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sirkuit Mandalika Persiapkan Diri untuk Lakukan Homologasi

Happy menambahkan, pendidikan untuk ratusan marshal tersebut dilakukan selama tiga hari berturut-turut, mulai dari pagi hingga sore.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Dani Pedrosa (kanan), berjalan dengan dituntun marshal setelah terjatuh saat menjalani sesi latihan bebas kedua GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat (14/10/2016).MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Dani Pedrosa (kanan), berjalan dengan dituntun marshal setelah terjatuh saat menjalani sesi latihan bebas kedua GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat (14/10/2016).

"Dyan Dilato yang memberikan pendidikan. Nantinya, memang marshal ini akan mendapatkan sertifikasi. Selain dari FIM, juga dapat sertifikasi dari IMI. Sehingga, potensi anak-anak muda di sekitar Mandalika bisa terangkat," kata Happy.

Sertifikat yang didapat para marshal tersebut juga tidak sembarangan. Happy mengatakan, para marshal ini dapat melakukan tugas juga di sirkuit internasional lainnya jika dibutuhkan.

"Kapan pun mereka bisa membantu sirkuit-sirkuit yang ada di seluruh dunia ketika event-event FIM berlangsung," ujar Happy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.