Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Persiapkan Diri untuk Lakukan Homologasi

Kompas.com - 20/10/2021, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com – Pada November 2021, Sirkuit Mandalika bakal menggelar dua ajang balap internasional. Pertama, ada Asia Talent Cup (ATC) di tanggal 13-14 November dan World Superbike (WSBK) pada tanggal 19-21 November.

Secara kesiapan, untuk trek, bisa dibilang mendekati 100 persen, tinggal tunggu pengecatan saja. Selain itu, untuk bangunan penunjang sirkuit seperti medical center, gedung race director, dan pit building sudah dalam tahap finishing.

Rencananya, sebelum ATC dimulai, akan dilakukan terlebih dahulu homologasi. Dyan Dilato, Head of Operations – Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA), menjelaskan terlebih dahulu apa saja yang dilakukan untuk homologasi.

Baca juga: Kabin Toyota Veloz GR Limited, Apa Istimewanya?

Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).Dok. PT PP (Persero) Tbk. Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Homologasi adalah salah satu syarat untuk mengatakan bahwa sirkuit tersebut sudah layak pakai,” ucap Dyan di Mandalika belum lama ini.

Kelayakan sirkuit yang pertama dilihat adalah treknya lalu sirkuit. Trek dilihat dari kondisi aspal, run-off area, pos marshal, medical center, dan masih banyak aspek lainnya.

“Kami dari organizing committee MGPA sangat yakin bahwa homologasi akan dilakukan homologasi satu minggu sebelum balap. Artinya, sekitar tanggal 11 sampai 12 November 2021 untuk ATC dan tanggal 17 sampai 18 November untuk WSBK,” kata Dyan.

Baca juga: Solar Langka, Pertamina Bongkar Penimbunan Ilegal di Semarang

Mengapa dua kali, Dyan menjelaskan bahwa keduanya berada di bawah federasi yang berbeda. Untuk ATC berada di bawah FIM Asia, sedangkan WSBK di bawah FIM Dunia.

“Kita mohon doa restunya, atas nama Indonesia, kita mampu melaksanakan ATC sebagai warm-up dan dilanjut dengan WSBK dan tahun depan ada MotoGP di Maret 2022,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com