Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Motor Listrik Anak Bangsa Pertama yang Jajal Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 12/10/2021, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) sukses touring dari Jakarta-Mandalika. Saat di Lombok, NTB, motor ini sempat menjajal Sirkuit Mandalika.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, berani mengklaim, BL-SEV01 merupakan motor listrik anak bangsa pertama yang menjajal aspal Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Pelek Lokal Buatan Karma Bodykit Tembus Pasar Luar Negeri, Harga Mulai Rp 50 Jutaan

"Masuk ke dalam sirkuit, cuma kita tidak diizinkan untuk mengelilingi seluruh sirkuit. Kita hanya diperbolehkan menjajal di bagian yang mana bagian start di samping pit stop, kurang lebih 600 m," kata Sujono di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, LombokFoto: Universitas Budi Luhur Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok

Sujono mengatakan motor tidak menjajal seluruh bagian sirkuit karena tidak diperbolehkan. Tim juga tidak bisa mengetes performa sebab masih banyak pekerja di lapangan.

"Di sana kami ingin mengetes top speed tapi masih banyak pekerja lalu lalang kami tidak berani," katanya.

Sujono mengatakan, pihaknya bisa mendapat kesempatan masuk ke area sirkuit berkat rekomendasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Sebab sebetulnya area sirkuit masih tertutup untuk umum.

"Karena kemarin informasi di Mandalika itu memang belum terbuka untuk umum, saya terima kasih dari pihak IMI bisa memfasilitasi karena sebetulnya masuk ke area proyek itu tidak bisa masih sangat tertutup," katanya.

Baca juga: Joan Mir dan Alex Rins Bercerita Cara Memilih Baju Balap

Pada tes kedua motor listrik BL-SEV01 di Sirkuit Sentul, 13 April 2021. Foto: Budi Luhur Pada tes kedua motor listrik BL-SEV01 di Sirkuit Sentul, 13 April 2021.

"Karena ini kendaraan listrik dan karya anak bangsa, maka IMI memfasilitasi untuk bisa masuk. Akhirnya kami diizinkan tapi di daerah tertentu," kata Sujono.

Spesifikasi BL-SEV01 yang digunakan touring Jakarta - Mandalika ini dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW.

Catu daya baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Klaim resminya BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 km untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian 4 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com